UBL Serahkan Mesin Pengering Sampah

id ubl dan bank sampah

UBL Serahkan Mesin Pengering Sampah

Universitas Bandar Lampung menyerahkan Produk Teknologi Tepat Guna yakni Mesin Pengering Sampah kepada Komunitas Peduli Sampah (KPS) Lampung di Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur, (foto: humas UBL)

...UBL termasuk satu-satunya perguruan tinggi swasta di Lampung yang memenangkan program tersebut, ujar Soewito...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Universitas Bandarlampung (UBL) menyerahkan produk teknologi tepat guna berupa mesin pengering sampah kepada Komunitas Peduli Sampah (KPS) Lampung di Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Menurut Soewito selaku pencipta alat ini dari UBL, di Bandarlampung, Selasa, pemberian ini adalah bentuk dari program Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yakni Program Diseminasi Penelitian Teknologi Tepat Guna untuk masyarakat.

"UBL termasuk satu-satunya perguruan tinggi swasta di Lampung yang memenangkan program tersebut," ujar Soewito.

Tak hanya itu, Soewito menambahkan bahwa UBL juga bekerjasama dengan KPS Lampung dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dalam rangka akselerasi pengelolaan sampah berbasis partisipasi masyarakat. "Dari pelatihan ini diperlukan mesin, sehingga terciptalah mesin ini untuk mereka," ujarnya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa hal itu adalah salah satu bentuk sumbangan dari UBL yakni mesin pengering plastik yang sumber dananya dari Kemenristekdikti.

Dia menjelaskan bahwa UBL punya komitmen untuk mengabdi kepada masyarakat melalui pengembangan iptek, dan komitmen ini diikuti pemkab dan masyarakat.

"Berharap juga bantuan dan bimbingan teknis untuk mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut," katanya lagi.

Ia menambahkan UBL optimistis akan terus mengabdi kepada masyarakat dengan membuatkan bantuan-bantuan untuk desa, seperti aplikasi pengelolaan sampah, tabungan masyarakat, badan usaha milik desa (Bumdes), kelompok usaha bersama (Kube) dan koperasi.

Penyerahan mesin pengering sampah kepada KPS di Purbolinggo, Lampung Timur itu telah dilakukan pada Minggu (15/10) lalu, disaksikan warga beserta para pejabat setempat dan undangan. Saat itu, Soewito didampingi Dr Ir Heri Riyanto MT dan Drs Harpain MAT sebagai Wakil Rektor UBL menyerahkan mesin pengelolaan sampah kepada KPS Lampung.

Hadir pada penyerahan itu para anggota DPR RI dari Komisi X yang kebetulan sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Lampung Timur beserta para pejabat Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Suyatno mewakili warga di sana berterima kasih atas pemberian bantuan peralatan teknologi pengolahan sampai itu. Ia berharap ke depan UBL dapat berkiprah untuk masyarakat desa yang lain.

(ANTARA)