Kepadatan arus mudik di Jalinsum mulai berkurang

id Lebaran, mudik, feri

Kepadatan arus mudik di Jalinsum mulai berkurang

Kendaraan pemudik melintas di Jalinsum depan RS Imanuel, menuju Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Kepadatan arus kendaraan pemudik di Jalan Lintas Sumatera wilayah Lampung pada Sabtu  tidak lagi seramai kemarin, meski arus kendaraan masih banyak melintas dari arah Bakauheni menuju Bandarlampung dan daerah lainnya di Sumatera.
     
Selain itu, berdasarkan pantauan di Jalinsum depan RS Imanuel Bandarlampung, kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni masih tetap banyak yang melintas, begitu juga dari arah pelabuhan penyeberangan itu menuju Bandarlampung.
    
Pemudik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni umumnya menggunakan mobil, motor dan bus, begitu juga dari Jawa ke Sumatera.
    
Pelabuhan Bakauheni Lampung dan Pelabuhan Merak Banten adalah gerbang penghubung Sumatera dan Jawa. Hampir seluruh kendaraan dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya, diangkut menggunakan kapal feri dari kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Namun, ada sebagian kecil kendaraan diangkut dari Pelabuhan Panjang Bandarlampung ke pelabuhan di Tanjung Priok Jakarta atau sebaliknya.
    
Selain itu, hasil pantauan juga menunjukkan arus mudik yang menggunakan bus antarprovinsi dan bus dalam kota juga terlihat masih berlangsung di Jalinsum Lampung.
     
"Arus mudik hari tidak seramai kemarin," kata Olop, salah satu warga setempat.
     
Menurut PT ASDP Cabang Bakauheni, jumlah kapal feri yang dioperasikan pada H-2 mencapai 36 unit dalam 142 rit pelayaran.
     
Total jumlah penumpang yang diseberangkan dari Bakauheni ke Merak pada H-2 mencapai 172.876 orang, sedang jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 39.478 unit.

ANTARA