China luncurkan kapal induk pertama buatan sendiri

id China, Laut China Selatan, kapal induk

China luncurkan kapal induk pertama buatan sendiri

Foto yang disiarkan kantor berita Xinhua, satu kapal induk baru dipindahkan dari galangan ke perairan dalam acara peluncuran di Dalian China, Rabu (26/4). (AP/inquirer.net)

Beijing (Antara Lampung/Reuters) - China pada Rabu meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negerinya, yang akan bergabung dengan kapal induk bekas yang dibeli sebelumnya, di tengah meningkatnya ketegangan atas Korea Utara dan kekhawatiran terkait klaim China atas Laut China Selatan.
 
Media negara dengan mengutip pendapat ahli militer yang mengatakan bahwa kapal induk itu dirancang di China dan dibangun di bagian timur laut Pelabuhan Dalian, serta diharapkan tak harus menunggu  hingga 2020 untuk dioperasikan, meski butuh waktu untuk memperlengkapi dan mempersenjatainya.
 
Peluncuran kapal induk itu disebarkan ketika analisis militer luar negeri dan media China telah mempublikasikan gambar satelite, foto dan berita tentang perkembangan kapal induk itu. China mengonfirmasi pembangunannya pada akhir 2015.
 
Peluncuran itu menyusul perayaan HUT ke-68 AL China, bertepatan di tengah meningkatnya ketegangan antara Korea Utara dan AS terkait program rudal dan nuklir Korea Utara.
 
Namun, hanya sedikit yang diketahui menyangkut program kapal induk itu, karena menjadi rahasia negara.
 
Akan tetapi, pemerintah China telah mengatakan bahwa rancangan kapal induk itu mengacu pada kapal induk pertama, Liaoning, yang dibeli dari Ukrania pada 1998 dan diperbaiki di China.

Kapal induk bertenaga konvensional itu memiliki bobot 50 ribu ton dan dapat meluncurkan pesawat tempur China, Shenyang J-15.
         
China mengklami hampir seluruh Laut China Selatan, namun Brunei, Malaysia, Filpina, Taiwan dan Vietnam juga mengklaimnya.
 
Antara Lampung/Reuters