Podolski Cetak Gol Penentu Kemanangan Jerman Atas Inggris

id podolski pensiun timnas jerman

Podolski Cetak Gol Penentu Kemanangan Jerman Atas Inggris

Lukas Podolski melewati laga perpisahan manis dengan mencetak gol kemenangan Jerman atas Inggris. (Reuters/Carl Recine)

Dortmund (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Penyerang Jerman Lukas Podolski menutup kisah internasionalnya dengan gol sensasional untuk membawa sang juara dunia menang 1-0 atas Inggris pada pertandingan persahabatan pada Rabu.

Podolski, yang menjadi kapten tim sejak awal laga untuk pertama kalinya, tidak dapat berharap memiliki akhir yang lebih baik lagi untuk menutup 13 tahun karirnya bersama timnas Jerman, ketika ia melesakkan gol semata wayang pada menit ke-69 untuk membuat dirinya total mengoleksi 49 gol dari 130 pertandingan internasional.

Gol pemain 31 tahun itu memastikan Inggris menelan pil pahit meski terlihat lebih tajam dibandingkan tuan rumah untuk sebagian besar jalannya pertandingan, dan memiliki peluang yang mengenai tiang gawang pada babak pertama.

Inggris, yang memuncaki Grup F kualifikasi Piala Dunia, selanjutnya akan menjamu Lithuania di Wembley pada Minggu, sedangkan Jerman, unggul lima angka di puncak klasemen Grup C akan melawan ke Azerbaijan.

Pemain Jerman Sami Khedira dipaksa absen beberapa jam sebelum pertandingan berlangsung, bergabung dengan daftar panjang pemain absen, termasuk Manuel Neuer, Julian Draxler, Mario Gomez, dan Mesut Ozil, sehingga pelatih Joachim Loew terpaksa melakukan beberapa perubahan.

Dengan pemain-pemain muda Timo Werner, Julian Weigl, Julian Brandt dan Leroy Sane tampil sejak awal, Jerman kesulitan menemukan irama permainan mereka dan Inggris memiliki tiga peluang bagus untuk mencetak gol melalui Jamie Vardy dan Michael Keane, pada debut internasionalnya.

Peluang terbesar mereka untuk mencetak gol didapat pada menit ke-30 ketika Adam Lallana mengambil keuntungan dari kesalahan Joshua Kimmich untuk menekan namun, saat ia hanya tinggal perlu menaklukkan Marc Andre ter Stegen, tembakan mendatarnya membentur tiang gawang.

Sang kiper menjadi penyelamat Jerman empat menit sebelum turun minum, ketika ia memblok tembakan Dele Alli, di mana Inggris terlihat menjanjikan pada pertandingan pertama Gareth Southgate sejak ditunjuk menjadi manajer penuh pada November setelah menjalani empat pertandingan sebagai pelatih sementara.

Sang pelatih menerapkan pertahanan berisi tiga orang untuk pertama kalinya dan hal itu berjalan dengan baik selama lebih dari satu jam, ketika Jerman mencoba peruntungan mereka dengan tembakan-temabakan jarak jauh dengan kesuksesan yang minim.

Tim tamu tidak dapat mempertahankan permainan menekan dan kecepatan mereka menjelang babak kedua, sebelum Podolski melepaskan tembakan dari jarak 25 meter melalui kaki kirinya untuk menundukkan kiper Joe Hart.

Jerman, yang mengukir rekor nasional dengan "clean sheet" mereka untuk ketujuh kalinya secara beruntun, juga melakukan balas dendam terhadap kekalahan 2-3 dari Inggris hampir setahun silam.