Puluhan Personel Amankan Wihara Thay Hin Bio

id suasana malam tahun abru imlek, Wihara Thay Hin Bio, teluk betung bandarlampung, tahun baru imlek

Puluhan Personel Amankan Wihara Thay Hin Bio

Suasana di Wihara Thay Hin Bio, Teluk Betung, Bandarlampung, Jumat (27/1) malam (FOTO: ANTARA Lampung/ist)

...jemaat yang hadir bukan hanya dari wilayah Kota Bandarlampung saja tetapi juga laur daerah untuk ikut merayakan di wihara ini...
Bandarlampung, 27/1 (Antara) - Puluhan personel TNI-Polri terlihat di Wihara Thay Hin Bio Bandarlampung untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada perayaan malam Tahun Baru Imlek 2017.

Berdasarkan pantauan di kawasan Wihara Thay Hin Bio, Bandarlampung, Jumat malam, menunjukkan sejumlah petugas terlihat berada di sekitar lokasi untuk mengamankan perayaan Imlek masyarakat Tionghoa yang mendatangi wihara pada malam ini untuk berdoa memohon kebaikan dan keberkahan pada tahun ini.

Beberapa petugas lalu lintas juga terlihat menjaga arus lalu lintas di sekitar kawasan wihara tertua di Provinsi Lampung tersebut mengingat arus lalu lintas di jalan melintasi wihara cukup padat.

Sejumlah petugas lokal dari masyarakat berpakaian seragam hijau daerah setempat juga terlihat berada di lokasi wihara untuk menjaga ketertiban dan mengatur kendaraan yang parkir di sekitar lokasi wihara.

Stan pedagang yang berada di sisi kanan dan kiri wihara juga menambah sempit areal parkir di kawasan tersebut sehingga banyak kendaraan yang sulit untuk parkir.

Johan salah seorang petugas wihara mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan sejak beberapa hari lalu pada perayaan tahun baru Imlek 2017.

"Persiapan sudah dilakukan dan saat perayaan malam Tahun Baru Imlek, kami sudah siap untuk melayani warga Tionhoa yang akan melaksanakan doa," ujarnya.

Ia menjelaskan, jemaat yang hadir bukan hanya dari wilayah Kota Bandarlampung saja tetapi juga laur daerah untuk ikut merayakan di wihara ini.

Selain sebagai wihara tertua, Thay Hin Bio juga merupakan warisan atau cagar budaya yang akan terus dijaga kelestariannya.

Klenteng yang telah lebih berusia 160 tahun itu merupakan wihara tertua di Lampung. Selain sebagai tempat ibadah, wihara ini juga menjadi objek wisata menarik di Kota Bandarlampung.

Di sekitar wihara terdapat toko-toko penjual buah tangan atau oleh-oleh khas Lampung seperti keripik pisang, keripik nangka, keripik singkong, berbagai manisan, kopi, dan lain-lain.   (Ant)