Bupati Ingatkan Beri Makanan Sehat Buat Anak

id Bupati Ingatkan Makanan Sehat Anak

Bupati Ingatkan Beri Makanan Sehat Buat Anak

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim menyerahkan bantuan kantin sehat kepada TK Pertiwi, di Desa Labuhanratu VII, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (24/1). ( FOTO: Humas Pemkab Lampung Timur)

Labuhanratu, Lampung Timur (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengingatkan para orang tua pemenuhan makanan sehat bagi anak-anaknya dan hendaknya selalu membawakan bekal makanan untuk anak ke sekolah.

"Saya harapkan para orang tua berikanan manakanan yang sehat buat anaknya, dan ajarkan kepada anak tentang pola hidup sehat," kata Bupati Chusnunia Chalim kepada orang tua siswa TK Pertiwi, saat penyerahan bantuan kantin sehat anak kepada TK Pertiwi di Desa Labuhanratu VII, Kecamatan Labuhanratu, Kabupaten Lampung Timur, Selasa.

Bupati mengatakan makanan sehat itu bukan berarti harus mahal, tapi makanan sederhana yang mengandung banyak gizi, seperti tahu, ikan, telur, dan sayur-sayuran.

Dia juga berpesan agar orang tua membawakan bekal makanan anaknya ke sekolah dengan memberi menu makanan yang sehat.

"Berikan bekal makanan anak setiap hari ya bu, jangan setiap hari Sabtu saja, berikan lauk tahu, sayur-sayuran dan jangan berikan anak makanan yang instan-instan seperti mi instan karena tidak sehat buat anak-anak," ujar dia lagi.

Menurutnya, makanan sehat akan membuat anak menjadi sehat dan pintar, sehingga akan melahirkan generasi dan pemimpin yang pintar.

"Dari makanan sehat ini, siapa tahu akan muncul dari TK Pertiwi ini pemimpin yang menjadi bupati dan ahli-ahli IT," katanya pula.

Chusnunia menyatakan tanggung jawab perlindungan anak bukan sebatas menjaga anak dari kekerasan fisik semata, tapi juga tindakan pencegahan pun bagian dari perlindungan terhadap anak.

Sejumlah bantuan peralatan kantin sehat diserahkan langsung Bupati Chusnunia Chalim didampingi sejumlah pejabat setempat kepada TK Pertiwi, di antaranya berupa 1 buah blender, 1 buah alat pengukus, 1 buah etalase dan 75 buah kotak bekal makanan anak serta sejumlah bantuan peralatan serupa kepada sejumlah sekolah di kecamatan ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Pengendalian Penduduk Lampung Timur Farida Nurma berharap adanya kantin sehat itu bisa memberikan kesempatan anak didik memilih makanan yang sehat.

"Adanya kantin sehat ini akan memberikan kesempatan kepada anak didik untuk memilih makanan yang sehat, dan diharapkan mengajarkan anak dan orang tua penting adanya makanan sehat, kebersihan dan pola hidup sehat," kata Nurma lagi.

Dia mengatakan kriteria kantin sehat adalah tersedia air bersih, tersedia makanan sehat dan bebas bahan kimia serta tersedia tempat pembuangan sampah.