Lampung Optimistis Capai Target Produksi Padi

id panen padi, lampung optimis, produksi padi tercapai

Lampung Optimistis Capai Target Produksi Padi

Ilustrasi panen padi (ANTARA/Ampelsa)

...Kami akan mengupayakan mencapai target yang sudah ditentukan, yaitu 4,4 juta ton GKG, walaupun saat ini hama wereng sedang melanda puluhan hektare sawah di Provinsi Lampung, kata Jabuk...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung optimistis dapat memenuhi target produksi padi tahun 2017 yang ditetapkan Kementerian Pertanian RI sebanyak 4.401.188 ton gabah kering giling (GKG).

"Kami akan mengupayakan mencapai target yang sudah ditentukan, yaitu 4,4 juta ton GKG, walaupun saat ini hama wereng sedang melanda puluhan hektare sawah di Provinsi Lampung," kata Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Ir Jabuk, di Bandarlampung, Selasa.

Pihaknya saat ini terus berupaya membantu petani untuk mengatasi serangan hama wereng, agar hasil panen tidak jauh merosot akibat hama tersebut.

"Penyemprotan yang dilakukan petani menjelang panen ini diharapkan bisa mengurangi populasi hama wereng yang ada pada batang-batang padi," katanya lagi.

Jabuk menjelaskan, sekali pun hasil panen hanya sekitar 80 hingga 90 persen, pihaknya akan tetap berupaya maksimal dan mengerahkan seluruh petani untuk melakukan pengamatan rutin terhadap hama wereng karena bila dibiarkan bisa menyebabkan gagal panen.

Selain dengan penyemprotan, para petani juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan bantuan laba-laba predator, kepik Microvelia douglasi dan Synarmonia octomaculata yang juga dinilai ampuh untuk membasmi hama wereng.

Seharusnya sebelum melakukan penyemproptan, terlebih dahulu menggunakan metode alami, yaitu bantuan laba-laba predator, kepik Microvelia douglasi dan Synarmonia octomaculata, serta bila sudah tidak mempan lagi baru menggunakan carian pestisida yang dapat mematikan serangga, kata dia lagi.

Pihaknya berharap kabupaten/kota di Lampung dapat melakukan sosialisasi kepada para petani bahwa Lampung memiliki target produksi 4,4 juta ton padi, serta diusahakan hasil panen di Lampung tidak kurang dari target tersebut.

Namun dia menambahkan, dengan situasi yang dihadapi sebagian petani saat ini, produksi GKG tahun 2017 minimal bisa mencapai 4,1 juta ton.

Pihaknya bersama instansi terkait akan terus berupaya membantu petani agar hasil panen padi benar-benar maksimal, sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai.(Ant)