Puluhan Pasar Kampung Akan Dibangun di Lampung Tengah

id mustafa, bupati lampung tengah, bangun puluhan pasar kampung

Puluhan Pasar Kampung Akan Dibangun di Lampung Tengah

Bupati Lampung Tengah, Mustafa (berkopiah) melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar kampung Sendang Asri di Kecamatan Sendang Agung. (Foto: Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Saat ini Pemkab juga tengah menyelesaikan pengembangan pasar lainnya, salah satunnya Pasar Bandarjaya," katanya...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah berencana mengajukan anggaran ke pemerintah pusat untuk membangun puluhan pasar di daerah itu sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat.

Bupati Lampung Tengah, Mustafa di Gunung Sugih, Senin menjelaskan, pembangunan pembangunan Pasar Seputihmataram, Pasar Rumbia dan sejumlah pasar lainnya adalah wujud komitmen pemerintah menggerakkan perekonomian Lampung Tengah.

"Saat ini Pemkab juga tengah menyelesaikan pengembangan  pasar lainnya, salah satunnya Pasar Bandarjaya," katanya.

Tak hanya pasar daerah, pasar-pasar kampung, menurut Bupati Mustafa, juga merupakan pusat- pusat perekonimian di tingkat kampung, yang harus diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kampung.

Pemkab mengajukan anggaran ke Kementrian Perdagangan untuk membangun pasar-pasar kampung.

Sebagai contoh, salah satunya adalah pembangunan 25 kios di Pasar Kampung Gedung Sari, Kecamatan Anak Ratu Aji Kabupaten Lampung Tengah.

"Di Lampung Tengah ada puluhan pasar kampung. Kalau sedikit demi sedikit bisa dibangun semua, perekonomian di tingkat kampung akan membaik. Sebab petani tak perlu jauh-jauh menjual hasil pertaniannya," kata Bupati.

Pasar bakal merangsang pertumbuhan ekonomi di semua tingkat masyarakat di wilayah tersebut. Langkah ini merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi lokal.

"Pasar kampung berperan penting dalam penggerak ekonomi rakyat. Kehadiran pasar diharapkan bisa semakin menggeliatkan perekonomian warga. Tak hanya fokus fisik, tapi juga dibangun manajemen yang professional," ujarnya.

Ia menambahkan, mulai pertengahan tahun 2016 Pemkab Lamteng membangun pasar kampung, yakni di Kecamatan Seputih Surabaya, Putra Rumbia, dan Gaya Baru.

"Tahun 2017 kami ajukan pembangunan untuk puluhan pasar kampung. Pengembangan pasar tradisional di kampung akan terus dilakukan dengan harapan mampu mendukung dan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat," kata Bupati.

Sejumlah pedagang mengakui dengan perbaikan dan penataan pasar yang digalakkan membuat pengunjung pasar lebih banyak dan lebih betah berbelanja, dan dampaknya langsung dirasakan oleh para pedagang.

Misalnya, Sumirah, seorang pedagang sembako di Pasar Seputihmataram mengatakan, pembeli semakin banyak berkunjung ke tempatnya berjualan sejak pasar dibangun.

"Sekarang makin laris. Terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah mendorong pembangunan pusat perekonomian seperti pasar kami," kata dia.

Pedagang lain di Pasar Rumbia, Nuryanto, mengatakan, pembangunan pasar diharapkan memberi dampak positif bagi pedagang. "Penampilan pasar yang bagus akan menarik pembeli. Jadi dagangan lebih laris," kata dia.

Pasar-pasar yang sedang dan telah dibangun di Lampung Tengah antara lain Pasar Bandarjaya, Pasar Gedungsari Kecamatan Anak Ratuaji, Pasar Wates, Pasar Seputihagung, Pasar Seputihmataram dan Pasar Rumbia. (Ant)