Bupati Way Kanan Buka TOT Pencegahan Narkoba

id raden adipati surya, bupati way kanan, tot p4gn

Bupati Way Kanan Buka TOT Pencegahan Narkoba

Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya (Foto: Humas Pemkab Way Kanan)

...Hasil TOT ini diharapkan dapat dijadikan sebagai panduan atau pedoman dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat...
Way Kanan (ANTARA Lampung) - Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, Kamis (1/12), membuka Training of Traner (TOT) Tenaga Pencegahan, Pemberatasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan salah satu masalah serius yang terus menyita perhatian masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo telah menetapkan Indonesia dalam darurat narkoba nasional.

Pernyataan itu menegaskan bahwa semua komponen bangsa harus bersiaga secara terus menerus tentang bahaya narkoba dimanapun berada.

Upaya peran serta seluruh instansi pemerintah, swasta dan komponen masyarakat harus terus digerakkan dan diberikan ruang seluas-luasnya untuk menciptakan lingkungan yang bebas dan bersih dari ancaman bahaya narkoba dan memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Melalui upaya P4GN sebagaimana diamanatkan dalam UU Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 104-108 tentang peran serta masyarakat, salah satunya melakukan pelatihan bagi pelatih sebagai kegiatan pendidikan dan pelatihan bagaimana menjadi penggiat anti narkoba, seperti praktek penyuluhan.

Hasil TOT ini diharapkan dapat dijadikan sebagai panduan atau pedoman dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat. Dengan demikian peserta menjadi lebih paham tentang permasalahan narkoba secara komprehensif, kata Adipati Surya.

Selain itu, peserta TOT juga akan memiliki kesadaran untuk menanamkan komitmen yang kuat dalam upaya P4GN dengan menjadi agen atau kader yang mampu menyebarluaskan pemahaman tentang masalah narkoba di lingkungannya.

Bupati berharap, kegiatan ini tidak sampai di sini saja, semua pihak harus peduli, bangkit, bergerak dan berupaya melakukan upaya P4GN dengan segala potensi yang dimilikinya.

Dengan demikian dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan kondusif dari masalah narkoba melalui peningkatan kapasitas individu, lembaga, lingkungan dan usaha yang berdaya guna dan berhasil guna serta memberikan manfaat rasa aman masyarakat. (Ant)