Barca tertinggal enam angka dari Madrid

id Liga Spanyol, Barcelona

Barca tertinggal enam angka dari Madrid

Trio MSN, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (CRISTINA QUICLER/AFP)

Barcelona (Antara/Reuters) - Catatan buruk Barcelona dari Real Sociedad berlanjut ketika sang juara bertahan ditahan imbang 1-1 di Anoeta pada Minggu, dan tertinggal enam angka dari pemuncak klasemen Liga Spanyol Real Madrid sebelum "Clasico" pekan depan melawan rival abadinya tersebut.  
   
Mantan pemain akademi Real Madrid Willian Jose membawa Real memimpin pada menit ke-53, setelah penampilan keras pada babak pertama oleh Barca namun Lionel Messi menyamakan kedudukan pada menit ke-59 menyusul penampilan gemilang dari Neymar.
        
Barca mendapat keberuntungan ketika pemain Sociedad Juanmi menanduk bola setelah Carlos Vela melepaskan tendangan bebas melengkung yang mengenai mistar gawang dan membuat golnya dianulir karena offside, sedangkan penyerang Meksiko Vela memiliki peluang yang kembali menghantam tiang gawang pada fase akhir pertandingan.
        
Barca tidak pernah menang di markas Real Sociedad sejak 2007, meski ini merupakan pertama kalinya dalam lima pertandingan liga di Anoeta di mana mereka terhindar dari kekalahan.
        
Pasukan Luis Enrique berada di peringkat kedua klasemen dengan 27 angka, tertinggal enam angka dari Real Madrid dan selevel dengan Sevilla yang berada di peringkat ketiga. Atetico Madrid berada di peringkat keempat dengan 24 angka, setelah menang 3-0 di markas Osasuna, sedangkan Real Sociedad menghuni peringkat kelima dengan 23 angka.
        
Villarreal turun ke peringkat keenam setelah kalah 0-2 di markas Alaves.
        
Memiliki bekal empat kemenangan beruntun di liga dan laju bagus mereka sebelumnya atas Barca di kandang sendiri, Real Sociedad mendominasi pada babak pertama, menguji Marc-Andre ter Stegen dua kali pada sepuluh menit pertama, sedangkan Vela, Mikel Oyarzabal, dan Xabi Prieto melepaskan tembakan yang melebar.
        
Barca hanya memiliki satu peluang sebelum turun minum, melalui upaya Luis Suarez, meski Neymar memaksa Geronimo Rulli melakukan penyelamatan dari tendangan bebas saat babak kedua dimulai.
        
La Real mencetak gol pembukaan beberapa menit kemudian berkat ketekunan Vela. Ia mengejar Javier Mascherano pada area penalti dan menaklukkan Ter Stegen, namun bola liar kembali diarahkan ke gawang oleh Jose dan melewati Gerard Pique.
        
Barca bangkit melalui serangan pertama mereka, Neymar mengecoh para pemain bertahan di sisi kiri dan menyodorkan bola kepada Messi, yang mencungkil bola sebelum menaklukkan Rulli dengan sepakan setengah voli.
        
Permainan kemudian berlangsung terbuka dan kedua tim berpeluang memenanginya. Sepakan Vela nyaris melewati garis gawang dan tayangan-tayangan ulang memperlihatkan bahwa Juanmi berada di posisi onside ketika ia memasukkan bola liar.
        
Barca kembali menggebrak dan Denis Suarez menaklukkan Rulli, namun melihat tembakannya dapat dihalau keluar garis oleh Asier Illaramendi.
        
Mascherano meneruskan bola tendangan sudut namun melebar dan gagal dijangkau Suarez, sedangkan Vela mengirimkan sepakan voli yang mengarah ke tiang jauh.
       
 "Saya merasa sangat positif karena kami mendapatkan angka dari pertandingan yang secara praktis mustahil untuk mendapatkan apapun," kata Enrique.
       
"Real Sociedad memenangi hampir semua bola dan setiap duel, dan memiliki lebih banyak peluang pada setiap bola maka fakta bahwa kami mendapatkan satu angka merupakan sesuatu yang nyaris ajaib."