Nasib pesawat antariksa "Lander" masih misterius

id pesawat Antariksa, Mars, ESA Lander

Nasib pesawat antariksa "Lander" masih misterius

Ilustrasi perjalanan pesawat Rosetta Missions Philae lander pada tahap terakhir ke permukaan komet (ESA/universetoday.com/)

Frankfurt (Antara/Reuters) - Badan Antariksa Eropa atau ESA mengatakan para penelitinya masih tidak yakin apakah pesawat luar angkasa buatan Eropa berjenis "lander" yang mencapai Mars pada Rabu (19/10), mendarat di Planet Merah dalam kondisi yang baik atau tidak.
        
"Dalam tes pendaratan, masih memberikan kami beberapa pertanyaan yang harus kami analisis lebih jaih," kata Direktur ESA Jan Woerner, Kamis.
        
Dia menambahkan bahwa pihaknya tidak bisa menyatakan apakah pesawat luar angkasa bernama Schiaparelli yang memiliki bobot 577 kilogram dan berbentuk cakram tersebut masih utuh atau tidak.
        
Para ilmuwan mengatakan dalam data telah diterima menunjukkan pelindung panas dan parasut dari pesawat luar angkasa tersebut beroperasi.
        
Akan tetapi hal tersebut menjadi tidak jelas apa yang terjadi di detik-detik terakhir sebelum mendarat, selain itu belum ada data yang diterima dari permukaan Mars.
        
Schiaparelli yang menguji teknologi untuk penjelajah yang akan menyusulnya pada 2020 mendatang itu, merupakan percobaan Eropa untuk mendaratkan pesawat luar angkasa di Planet Merah tersebut setelah kegagalan yang dihadapi Beagle 2 lebih dari satu dekade lalu.