Dua Jenderal Irak selamat

id Kurdi, Perang Irak dan Suriah, Dua Jenderal Irak selamat

Tikrit (Antara/Xinhua-OANA) - Dua pejabat senior keamanan di Provinsi Salahudin di Irak Tengah selamat dari serangan bom bunuh diri di Ibu Kota Provinsi itu, Tikrit, Sabtu pagi, kata satu sumber keamanan provinsi kepada Xinhua.
        
Delapan orang tewas dan 23 orang lagi cedera dalam dua serangan bom, kata sumber tersebut --yang tak ingin disebutkan jatidirinya.
        
Dalam serangan pertama, seorang pembom bunuh diri menabrakkan kendaraannya --yang berisi peledak-- ke rombongan Kepala Polisi Provinsi May. Jend. Dhamin Al-Jubouri di dekat jalan masuk dari utara ke kota itu, sekitar 170 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, kata sumber tersebut.
        
Beberapa menit kemudian, masih di jalan masuk dari utara ke Tikrit, seorang lagi pembom bunuh diri meledakkan mobilnya di dekat rombongan Sheikh Jasim Al-Jebara, Kepala Komite Keamanan Dewan Provinsi Salahudin, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu malam.
        
Korban jiwa adalah anggota keamanan di pos pemeriksaan dan pengawal rombongan itu.
        
Dalam kejadian terpisah, beberapa pria tak dikenal yang bersenjata menyerang pos pemeriksa keamanan As-Salam di sebelah utara Tikrit, dan menewaskan empat prajurit sebelum melarikan diri dari lokasi.
        
Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung-jawab atas serangan di dalam dan di dekat Tikrit tersebut.
        
Provinsi Salahudin, yang kebanyakan warganya penganut Sunni, telah menyaksikan banyak serangan mematikan sejak pasukan keamanan dan satuan paramiliter sekutunya, yang dikenal dengan nama Hashd Shaabi, merebut kembali provinsi itu dari gerilyawan yang menguasai banyak wilayahnya pada Juni 2014.