Bandarlampung jadi tuan rumah pagelaran budaya Lampung

id budaya, begawai

Bandarlampung jadi tuan rumah pagelaran budaya Lampung

Kabupaten Lampung Selatan menggelar Festival Rajabasa 2015 /Dokumentasi (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Kota Bandarlampung akan menjadi tuan rumah dalam pagelaran budaya Lampung yang akan diselenggaran pada Minggu (25/9) dengan mengusung tema Begawi Agung Khamik Ragom.
     
"Ini dalam rangka pagelaran budaya dari konfrensi Ikatan Dosen Budaya Seluruh Indonesia,  kita akan mempertunjukkan adat budaya Lampung yang dikemas menjadi satu dengan tema Begawi Agung Khamik Ragom," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandarlampung, Yus Amri di Bandarlampung, Jumat.
     
Dia mengataka, gelara budaya ini merupakan kerja sama antara masyarakat, pemuka adat, perwatim, dan Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kota Bandarlampung. 
     
Dalam rangkaian acara tersebut disebutkannya tentang, begawi adat bagaimana upacara atau prosesi dalam kebudayaan Lampung dan akan menampilakn sejumlah tarian seperti cangget dan sigekh.
     
"Kita akan menampilkan sejumlah tarian dan masih banyak lagi, pastinya ada arak-arakan juga," kata dia.
     
Selain itu, acara ini pun akan dihadiri tokoh adat Lampung dan juga dosen budaya seluruh Indonesia serta beberapa perwakilan dari negara lain. 
     
"Ada lima negara yang akan datang, di antaranya  Prancis, Filipina dan Malaysia, kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan budaya Lampung hingga tingkat internasional," katanya. 
     
Ia menambahkan,  untuk mensukseskan acara yang dilaksanakan pukul 09.00 WIB yang dipusatkan di Tugu Adipura, pemkot akan menutup dua akses jalan utama. 
     
"Jalan Raden Intan dan Jalan Ahmad Yani kita tutup sementara sampai selesai, nanti acara adatnya akan kita tutup dengan acara Pangan Kebau atau makan bersama," kata dia.
     
Menurutnya,  persiapan sudah cukup matang dan acara ini terbuka untuk umum, masyarakat Bandarlampung bisa melihat langsung prosesi Begawi Adat.