Atlet Lampung siap berlaga di PON Jabar

id tarung drajat lampung, siap berlaga di pon, jawa barat 2016

Atlet Lampung siap berlaga di PON Jabar

Atlet tarung derajat Lampung berpose bersama pelatih utama Yopi Emeraldi (belakang, ketiga dari kiri) dan Ketua Satlak PON Lampung Joko P Putranto (keempat dari kanan, belakang). (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

..."Kami telah melihat kesiapan atlet tarung derajat itu, karena ada potensi para juara yang muncul dalam diri atlet ini, ujar Joko...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Atlet tarung derajat Provinsi Lampung siap berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 di Jawa Barat, 17-29 September 2016.

Ketua Tim Satuan Pelaksana (Satlak) PON Provinsi Lampung Kol Inf Joko P Putranto MSc, di Bandarlampung, Kamis, menegaskan kesiapan atlet tarung derajat Lampung siap berlaga untuk meraih prestasi terbaik pada PON XIX di Jabar itu.

Menurut Joko, dia beserta jajaran telah menginspeksi langsung persiapan para atlet PON tarung derajat Lampung di kawah Tarung Derajat Lampung terpusat di Universitas Bandarlampung (UBL), Gedung E, Kampus A, Drs H RM Barusman.

"Kami telah melihat kesiapan atlet tarung derajat itu, karena ada potensi para juara yang muncul dalam diri atlet ini," ujar mantan Komandan Korem 043 Garuda Hitam Lampung itu pula.

Peninjauan atlet tarung derajat itu dilakukan Satlak PON Lampung untuk memastikan kesiapan atlet meraih medali emas dari cabang olahraga tarung derajat dalam PON XIX 2016 di Jawa Barat tidak main-main.

Dalam kunjungan itu, menurut Joko Putranto, pihaknya menyikapi kesiapan para atlet tarung derajat PON Lampung yakni Khairul Naim dari Kota Bandarlampung yang akan berlaga pada tarung bebas pria 52-55 kg, Elisa dari Pesisir Barat tarung bebas wanita 56-58 kg, dan Amiruddin dari Lampung Selatan tarung bebas pria kelas 68-70 kg dari 10 kelas yang dipertandingkan pada PON Jabar itu.

Joko memastikan tiga atelt itu sudah siap tempur.

Joko juga menyanjung peran UBL sebagai sentra pemusatan latihan para atlet tarung derajat PON Lampung, terlihat sangat maksimal terutama dari optimalisasi sarana dan prasana yang ditunjang tempat latihan komperehensif.

Karena itu, Tim Satlak PON Lampung berkeyakinan para atlet tarung derajat PON Lampung akan meraih prestasi terbaik pada pesta olahraga terbesar nasional, ajang 4 tahunan itu, terutama mengangkat nama dan prestasi olahraga di Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai ini.

Apalagi Ketua KONI Lampung yang juga Gubernur Lampung M Ridho Ficardo telah memasang target PON Lampung di Jawa Barat ini harus meraih peringkat 8 besar nasional.

"Kami optimistis dengan segala persiapan maksimal di UBL ini bisa memperbaiki prestasi PON sebelumnya yaitu PON XVIII di Riau 2012 yang menempati 10 besar nasional dengan 15 emas, 9 perak dan 11 perunggu. Termasuk meningkatkan perolehan medali dengan prestasi terbaik tarung derajat dengan menyumbangkan satu emas dan satu perak dalam empat kelas," ujarnya lagi.

Disinggung saingan terberat para atlet PON Lampung, termasuk di dalamnya cabang olahraga tarung derajat, Joko yang juga Danpuslatpur Kodiklat TNI AD Baturaja, Martapura, Sumatera Selatan itu menyebutkan kompetitor terkuat di provinsi Pulau Jawa, khususnya tuan rumah Jawa Barat sebagai cikal bakal olahraga bela diri asli Indonesia ini.

"Mereka tantangan terberat kita, tapi kami yakin atas hasil try out beberapa waktu lalu. Prestasi anak-anak bisa menjuarai berbagai event pra-PON. Mereka dapat penuhi target minimal 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dari tarung derajat ini bisa dicapai," ujarnya lagi.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat Lampung Dr Ir M Yusuf S Barusman MBA menyatakan adanya inspeksi dari Ketua Satlak PON Lampung menjadi pertanda perhatian dan motivasi dari pemprov terhadap pemusatan atlet olahraga tarung derajat Lampung.

"Kunjungan dan arahan itu sangat komperehensif serta holistik buat atlet, pelatih maupun manajemen cabang olahraga ini agar bisa berlatih hingga berprestasi maksimal. Kami merasa ada kedekatan batin dan emosional yang penting dalam kepemimpinan para pengayom induk olahraga," ujarnya pula.

Disinggung peluang, Yusuf optimistis atlet tarung derajat Lampung akan menyumbang medali emas. Apalagi sejak hadir 1998 silam, diikuti masuk perdana pra-PON 2000 selalu menyumbang medali emas, perak, dan perungg, termasuk pada kejuaraan terbaru di luar PON telah berjaya di Kejurnas Pra-Kualifikasi PON meraih satu emas diikuti satu perunggu pada Kejuaraan Asia Tenggara, di Bali.

"Setelah dievaluasi Ketua KONI yang juga Gubernur Lampung, cabang olahraga ini sangat potensial, konsisten dan berkomitmen menyumbang medali hingga melahirkan para atlet handal," ujar dia lagi.

Pelatih utama tim PON tarung derajat Lampung Yopi Emeraldi SST memastikan para atlet yang terjun di tiga nomor akan bertanding pada 25-28 September mendatang di GOR Padjajaran, Bandung. Sebelumnya, akan dilakukan technical meeting 24 September.

Yopi memastikan tim akan berangkat 22 September, dan selama di Jawa Barat tim tarung derajat PON Lampung akan menginap di Hotel Five Pasir Kalika, Bandung.

"Kami akan pertahankan gelar dan harus, sesuai target Pak Ketua Umum Kodrat Lampung sambil terus tingkatkan levelnya. Kami harapkan dukungan para pimpinan KONI, Pengprov, dan pengurus Kodrat Lampung hadir di sana untuk meningkatkan motivasi dan mental anak-anak," ujarnya lagi.(Ant)