Ramos terkejut Casillas tidak dipanggil masuk Timnas Spanyol

id ramos dan casillas, timnas spanyol

Ramos terkejut Casillas tidak dipanggil masuk Timnas Spanyol

Sergio Ramos dan Iker Casillas (FOTO: AFP)

Barcelona (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Bek Spanyol Sergio Ramos terkejut saat mengetahui bahwa pemilik rekor penampilan terbanyak untuk negara itu sekaligus pemain yang telah begitu lama menjadi kapten tim Iker Casillas tidak dipangggil masuk dalam timnas Spanyol oleh pelatih Julen Lopetegui.

Para pemain Spanyol bertemu dengan manajer baru mereka untuk pertama kalinya pada Senin, untuk mempersiapkan pertandingan persahabatan mereka di Belgia pada 1 September, dan pertandingan pembukaan kualifikasi Piala Dunia dengan menjamu Liechtenstein pada 5 September.

Absennya Casillas merupakan absen pemain profil paling tinggi dari skuad Lopetegui sejak menggantikan Vicente del Bosque, meski Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas, yang membantu Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012, juga tidak diikut sertakan.

"Kami semua terkejut dengan absennya Casillas karena ia merupakan pemain bersejarah, bukan hanya di sepak bola Spanyol namun di level global," kata Ramos kepada para pewarta pada Senin di markas latihan Spanyol di Las Rozas.

"Merupakan hal yang tidak biasa untuk datang kemari dan tidak melihat Casillas, namun itu adalah keputusan yang ia ambil bersama pelatih baru. Saya tidak dapat berbicara untuk dia, yang dapat saya lakukan adalah menghormati keputusan yang mereka ambil." Ramos bertemu dengan Lopetegui pada pekan lalu.

"Saya belum mengenal dirinya namun saya telah mendapatkan kesan pertama yang bagus dan kami akan bekerja bersama untuk mencapai tujuan-tujuan yang kami miliki di depan," kata Ramos, wakil kapten di bawah Del Bosque dan kini merupakan kapten tim menyusul tersingkirnya Casillas.

"Selain absennya Iker, yang merupakan hal yang mengejutkan, grup ini tidak berubah banyak dan para kapten dan pelatih ingin memulihkan semangat kemenangan kami," tambah Ramos.

"Kita harus tenang dan bersabar dengan Lopetegui dan membiarkan dia bekerja. Kita semua harus mendayung ke arah yang sama." Casillas mencatatkan 167 penampilan untuk Spanyol, dan menjadi kapten mereka saat menjuarai Piala Dunia 2010 serta saat meraih Piala Eropa pada 2008 dan 2012.

Kiper Porto itu tidak dimainkan pada satu pun pertandingan Spanyol di Piala Eropa 2016, di mana Del Bosque memilih memainkan David de Gea sebagai kiper utamanya, dan sang pelatih mengungkapkan pada bulan lalu bahwa sang kapten bereaksi dengan marah karena tersingkir.

"Dengan rekan-rekan setimnya dia baik-baik saja, namun tingkah lakunya dengan staf kepelatihan tidak bagus. Kemarahannya tertuju pada kami," kata Del Bosque.

Del Bosque juga mengungkapkan bahwa Casillas merupakan satu-satunya pemain yang tidak menuliskan surat berterima kasih setelah dirinya mengundurkan diri sebagai pelatih, menyusul disingkirkannya Spanyol oleh Italia pada 16 besar Piala Eropa 2016.