Gol Rakitic menangkan Barca

id barcelona, messi, lionel messi, logo barca

Gol Rakitic menangkan Barca

Logo klub sepak bola Barcelona (Ilustrasi/Net))

Barcelona, (Antara/Reuters) - Juara bertahan Barcelona menjalani ujian berat Liga Spanyol di San Mames yang diguyur hujan pada Minggu, di mana mereka menang 1-0 atas Athletic Bilbao berkat tandukan Ivan Rakitic di babak pertama.

Di tempat lain, Las Palmas menang besar 5-1 atas Granada untuk memuncaki klasemen dengan koleksi enam angka dari dua pertandingan, mengungguli Barca dan Real Madrid berkat selish gol yang lebih baik, sedangkan juara bertahan Liga Europa Sevilla ditahan imbang tanpa gol di markas Villarreal.

Gelandang Kroasia Rakitic menyambar umpan silang Arda Turan untuk menyelesaikan gerakan sapuan yang dimulai oleh Luis Suarez dan mengusir rasa gugup tim tamu yang sempat hadir di awal pertandingan, termasuk kiper Marc-Andre ter Stegen yang memberikan bola di areanya sendiri.

Kepercayaan diri Barca bertumbuh setelah turun minum dan kapten Lionel Messi menyia-nyiakan dua peluang, sedangkan Suarez juga gagal untuk memaksimalkan sepasang peluang bersih dan tembakannya dapat dihalau keluar garis pada fase akhir pertandingan.

Pasukan Luis Enrique nyaris harus menyesali kegagalan mereka memanfaatkan sejumlah peluang ketika pemain Bilbao Raul Garcia melepaskan tembakan melebar, dan Iker Muniain memohon penalti namun diabaikan wasit.

"Saya senang dengan hasil saat melawan tim sekuat ini," kata Luis Enrique pada konferensi pers.

"Kami dapat menutup pertandingan lebih awal namun ini adalah penampilan bagus, dan tiga angka yang layak didapat."

Luis Enrique menyadari bahwa lawatan ke San Mames selalu merupakan salah satu pertandingan tandang yang berat bagi Barca, dan meski mereka terlihat nyaman pada awal pertandingan, mereka mulai terlihat kesulitan dengan tekanan dan agresifitas Bilbao.

Ter Stegen memberi kecemasan bagi tim tamu ketika ia memainkan bola langsung ke Benat Etxebarria, namun sang kiper dapat menghalau tembakan gelandang itu, dan belakangan melakukan penyelamatan terhadap upaya Aritz Aduriz dan Benat.