Mahasiswa PKPM IBI Darmajaya Latih Komputer Siswa SD

id mahasiswa PKPM Darmajaya Latih Komputer, PKPM Darmajaya

Mahasiswa PKPM IBI Darmajaya Latih Komputer Siswa SD

Para siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Kanyangan Pekon Kanyangan Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus sedang berlatih penggunaan komputer difasilitasi mahasiswa PKPM IBI Darmajaya. (FOTO: ANTARA/Dok. Humas IBI Darmajaya)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Mahasiswa Program Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung memberikan pelatihan komputer kepada siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Kanyangan Pekon Kanyangan Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus.

Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) IBI Darmajaya M Ariza Eka Yusendra SP MM, di Bandarlampung, Minggu, menyatakan program yang dijalankan mahasiswa PKPM itu adalah untuk mengenalkan sejak dini teknologi informasi (IT) kepada para pelajar SD di pedesaan di Lampung.

Karena itu, dia mengapresiasi aktivitas positif para mahasiswa PKPM Darmajaya tersebut.

"Melalui PKPM, mahasiswa bisa belajar berinteraksi, bersosialisasi, dan berbagi ilmu dari perkuliahan kepada masyarakat desa. Diharapkan `output` dari program ini dapat membuat desa lokasi PKPM menjadi lebih berkembang baik di bidang teknologi informasi maupun ekonomi bisnis, sehingga dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan ekonomi masyarakat setempat," katanya mengharapkan.

Pelatihan yang diikuti puluhan siswa kelas V dan VI SDN 1 Kanyangan itu berisikan materi tentang dasar-dasar komputer, peranti lunak dan peranti keras.

Materi tersebut disampaikan oleh mahasiswa PKPM yakni Fajar Bahari, Indra Yusuf, Wayan Eka Astara, Iftori Derissia Pelita M dan Aang Kunaepi di sekolah itu, Sabtu (20/8).

"Kegiatan itu bertujuan mengenalkan dasar-dasar komputer dan fungsinya kepada siswa SD di antaranya tentang microsft office, aplikasi musik, video, internet, dan lainnya. Harapannya dapat menambah ilmu dan wawasan bagi peserta untuk menjadi generasi muda yang paham IT," ujar Fajar Bahari pula.

Menurutnya, para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan itu.

Menurut Fajar, kemajuan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat, begitupula bagi para pelajar.

Siswa bisa mengakses internet untuk memperoleh bahan pelajaran dengan mudah serta memperluas wawasan tentang informasi dari berbagai dunia. "Namun, internet juga bisa berdampak buruk bagi mereka. Kami juga menyampaikan bahwa mereka harus menjadi pengguna internet yang cerdas dan bijak, sehingga tidak kecanduan `game online`, jauhi situs pornografi, dan dampak negatif lainnya," ujarnya lagi.

Pada tahun 2016 ini, IBI Darmajaya mengutus sekitar 300 mahasiswa yang menjalani PKPM selama satu bulan mulai 4 Agustus sampai dengan 5 September 2016 di Kabupaten Tanggamus.

Mereka terbagi menjadi 60 kelompok yang tersebar di 30 pekon dari 5 kecamatan di Tanggamus, yakni Gisting, Pugung, Kota Agung Timur, Kota Agung Barat, dan Wonosobo.