UBL Bentuk Dream Team Basket

id Dream Team Basket UBL, Basket UBL

UBL Bentuk Dream Team Basket

Pelatih timnas mahasiswa Indonesia Rifky Antolyon memberi pembekalan kepada 30 atlet dream team basketball UBL angkatan I di lapangan basket UBL. (FOTO: ANTARA Lampung/Dok. BMHK UBL))

"Pembentukan tim ini selama setahun. Target tim ini tidak hanya berprestasi di level Indonesia, tapi dipersiapkan buat Asia...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Universitas Bandarlampung (UBL) berupaya membangun prestasi olahraga bola basket level nasional hingga internasional dengan merekrut 30 atlet basket berprestasi nasional lulusan SMA sederajat sebagai dream team basketball UBL angkatan I.

Direktur Tim Basketball UBL Dr Andala Rama Putra Barusman SE MAEc, di Bandarlampung, Minggu, menegaskan terbentuknya tim ini menjadi bukti keseriusan kampus berjargon "Solution for Present and Future" itu dalam mengejar prestasi non-akademik, terlebih tim itu dibentuk sejak awal masuk kuliah.

"Mereka diberi kesempatan menjadi bagian dari kami dan mendapatkan apresiasi lewat beasiswa penuh 100 persen, sekaligus kesempatan kuliah karena memiliki bakat, talenta, dan skill di bidang basket yang mumpuni disertai intelegensia atau akademik yang tidak kalah baiknya," ujarnya lagi.

Tim basket itu dibimbing pelatih utama tim basket UBL Arif Khan, dan memperoleh kesempatan "coaching clinic" dari pelatih tim nasional mahasiswa Indonesia yang juara di 18th ASEAN University Games (AUG) basketball Singapura 2016 serta mempromosikan Liga Basket Mahasiswa (Libama) ke level liga basket Asia Tenggara hingga pelatih PON DKI Jakarta yaitu Rifky Antolyon.

"Kegiatan ini merupakan implementasi pendalaman praktik maupun aplikasi materi teori pertandingan basket yang baik, benar dan profesional. Terkumpulnya tim ini ditambah pemberian pemahaman taktik dan teknik yang mumpuni semakin menunjang tim ini dalam menemukan mental juaranya," ujar dia pula.

Menurut dia, UBL bersama perguruan tinggi lain di Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai ini ke depan siap menggelar kompetisi Liga Basket Mahasiswa Provinsi (Libamaprov) di Kampus UBL.

Namun Wakil Manajer Biro Marketing, Humas dan Kerja sama (BMHK) UBL Berry Salatar SPd menambahkan terbentuk dream team basketball UBL, pihak universitas tidak membebankan tuntutan prestasi terlalu tinggi.

"UBL memberikan beasiswa penuh disertai pemenuhan fasilitas penunjang kepada tim ini sebagai wujud apresiasi, penghormatan dan penghargaan totalitas UBL kepada para talenta istimewa. Hal ini diharapkan semakin memacu mereka memberikan yang terbaik buat UBL," ujarnya pula.

Asisten pelatih dream team basketball UBL Abdur Rohim menegaskan perpaduan terbentuk dream team ini disertai pemberian coaching clinic dari coach Rifky menandakan keseriusan UBL mengejar prestasi juara basket di berbagai level kompetisi.

"Ini bentuk investasi jangka panjang yang mahal. UBL beruntung merekrut para bakat pebasket muda andal yang rutin mengikuti kompetisi semipro maupun profesional. Apalagi ditunjang pemberian bekal teknis dan nonteknis dari pelatih yang mengantar timnas mahasiswa Indonesia juara di level ASEAN," kata dia lagi.

Dia mengharapkan terpilihnya coach Rifky dapat menggenjot fisik, mental sebagai atlet profesional.

"Pembentukan tim ini selama setahun. Target tim ini tidak hanya berprestasi di level Indonesia, tapi dipersiapkan buat Asia. Sejauh ini nama basket UBL di Lampung dan Jakarta cukup membahana, semoga langkah ini juga terangkat di Asia," katanya.

Personel dream team basket UBL itu, menurutnya, terdiri dari pemain basket putra dan putri terbaik lulusan SMA sederajat di Lampung, yaitu Lutfiah, Nabila, Mico hingga Gerald yang rutin berkompetisi di berbagai event basket dan memperoleh predikat pemain terbaik (MVP) di sekolahnya.

"Kami tidak hanya melatih, tapi juga membidik top target yang punya prestasi nasional lewat tim pencari bakat. Mereka akan bergabung dengan 6 orang tim inti UBL putra maupun putri. Jadi dream team ini terdiri 15 orang pada tim putri dan 15 orang tim putra. Mereka dapat dibagi masing-masing buat tim inti maupun tim reserve atau cadangan," ujarnya lagi.