Lampung tiga besar lomba teknologi budhipura

id Kepala Balitbangnovda Provinsi Lampung, Mulyadi,

Lampung tiga besar lomba teknologi budhipura

Kepala Badan Penelitian, Pembangunan dan Inovasi Daerah ( Balitbangnovda) Provinsi Lampung Mulyadi (FOTO: ANTARA Lampung/istimewa)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung masuk tiga besar nasional lomba Anugerah Teknologi Budhipura Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

"Lampung kembali menorehkan prestasi melalui Badan Pengembangan Penelitian dan Inovasi Daerah (Balitbangnovda) Provinsi Lampung dengan masuk tiga besar nasional Anugerah Teknologi Budhipura Kemenristek, bersama Sulawesi Selatan dan Jawa Barat," kata Kepala Balitbangnovda Provinsi Lampung, Mulyadi, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan, Provinsi Lampung dinilai berhasil melakukan inovasi teknologi pengembangan tumbuhan kopi melalui konservasi di lahan kering masam Lampung Barat, lalu teknik budi daya kopi serupa juga terus dikembangkan di kabupaten lain seperti Tanggamus dan Way Kanan.

Selain itu, ada empat hal yang dikembangkan seperti, mengembangkan somatic embriosis dan juga teknik penyambungan pohon kopi. Kedua, menyiapkan varietas unggulan bibit kopi, dan langkah ketiga terus melakukan industri hilirisasi kopi mulai dari pengembangan kualitas biji, pemanfaatan batang kopi dan kulit kopi.

"Langkah keempat Pemprov Lampung hadir melalui pengembangan kelembagaan sehingga ada penguatan ekonomi di petani pada saat panen sehingga ada jaminan pemerintah," katanya.

Ia menambahkan, dari keempat langkah diatas adalah upaya pemerintah daerah untuk menjaga dan mengembangkan kopi Lampung dan petani kopi, sehingga Lampung semakin maju dan masyarakat kian sejahtera.

Selain didukung oleh Gubernur Lampung M Ridho Ficardo melalui Balitbangnovda kegiatan pengembangan ini didukung Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, BPTP Kementan, Unila, IPB, Puskoka Jember, Nestle, Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus dan Way Kanan.(Ant)