Militer Somalia rebut empat pangkalan Ash-Shabaab

id Somalia,Militer Somalia rebut empat pangkalan Ash-Shabaab

Militer Somalia rebut empat pangkalan Ash-Shabaab

Sumber resmi Somalia menyebutkan pasukan komando yang dilatih AS, telah menyerbu sejumlah besar basis Al-shabaab di kawasan Galgaduud, yang menewaskan sedikitnya 15 militan. (mareeg.com)

Mogadishu (Antara/Xinhua-OANA) - Personel pasukan keamanan Somalia dan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM)telah menangkap 10 anggota Ash-Shabaab dan merebut kembali empat pangkalan selama satu operasi yang dilancarkan di Wilayah Lower Shabelle, Somalia Selatan.
         
Menteri Penerangan, Kebudayaan dan Pariwisata Somalia Mohamed Abdi Hayir mengatakan kepada wartawan di Mogadishu pada Ahad bahwa negara di Tanduk Afrika itu telah meningkatkan upaya pasukan keamanan setemp[at dan AMISOM untuk mengalahkan kelompok fanatik di negeri tersebut.
        
Hayir mengatakan operasi keamanan itu, yang dilancarkan pada Sabtu malam (16/7), sangat gemilang dalam menghapuskan ancaman teror di negeri tersebut.
        
"Tentara nasional kami, dengan disertai oleh AMISOM melancarkan operasi dan merebut kembali empat pangkalan Ash-Shabaab, temasuk satu pusat penahanan gelap dan gedung administrasi di Beled Amin, Wilayah Lower Shabelle, Somalia," kata menteri itu.
        
Ia menyatakan pasukan keamanan akan melanjutkan operasi mereka guna menghapuskan ancaman yang ditimbulkan oleh kelompok teror di Somalia.
        
"Operasi keamanan menghasilkan ditangkapnya hampir 10 tersangka anggota Ash-Shabaab oleh pasukan keamanan kami," tambah Hayir, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad malam.
        
Menteri tersebut mendesak pasukan keamanan agar terus membantu orang yang memerlukan selama operasi semacam itu di negeri tersebut.
        
"Pasukan Somalia telah merebut kembali beberapa gedung dan mengganggu operasi Ash-Shabaab tanpa menghadapi perlawanan. Pasukan kami juga mengadakan pertemuan untuk meningkatkan kesadaran dan kebutuhan kemanusiaan dengan tetua desa yang berdekatan dan menyerahkan pasokan medis yang diperlukan kepada masyarakat," ia menambahkan.
        
Menteri itu mengatakan pusat penahanan gelap di Beled Amin digunakan untuk meneror dan secara tidak sah mengutip pajak dari rakyat di kota tersebut.
        
"Ash-Shabaab berusaha menyebar ketakutan di kalangan warga setelah, tapi mereka lari ketakutan dalam menghadapi Tentara Nasional Somalia (SNA) dan AMISOM. Ini tentu saja adalah kemenangan pasukan kami dan buat rakyat Lower Shabelle. Ini juga kembali membuktikan bahwa SNA adalah pasukan militer yang kuat dan siap berperang melawan Ash-Shabaab," kata Hayir.

Penerjemah : Chaidar