Ternyata perbaikan lampu Jalinsum belum tuntas

id Jalinsum,Ternyata perbaikan lampu Jalinsum belum tuntas

Ternyata perbaikan lampu Jalinsum belum tuntas

Jalinsum rawan pada malam karena tak semua lampu penerangan jalan dinyalakan seperti dari perempatan Sukarame hingga fly over Way Halim (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Mulai dari "fly over" Way Halim hingga depan SPBU Sukarame yang panjangnya sekitar 300 meter, terdapat sedikitnya 12 bola lampu yang padam
Bandarlampung (Antara Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung, Lampung memperbaiki sebanyak 40 unit lampu penerangan jalan umum di Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Rajabasa-Panjang yang mengalami kerusakan, sementara 820 unit lainnya masih bisa menerangi jalan negara tersebut.
         
"Dari 860 unit lampu PJU di Jalinsum, 820 unit yang menyala. Sebagian padam karena memang kondisi lampu rusak dan saat ini sedang dalam perbaikan," kata Kepala Bidang PJU dan Pemakaman Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Bandarlampung, Basumi Achyar di Bandarlampung, Jumat.
         
Dia mengatakan, perbaikan terus dilakukan agar para pemudik bisa berkendara lebih nyaman pada malam hari.
         
Ia melanjutkan, 40 unit PJU yang mengalami kerusakan itu sebagian besar pada bagian dudukannya dan kabel listrik, sehingga perbaikannya membutuhkan waktu yang cukup.
         
"Kami akan terus melakukan perbaikan, agar bisa bermanfaat saat mudik," kata dia.
         
Sejumlah warga pun mengharapkan pemkot segera menyalakan seluruh lampu penerangan jalan sebelum Lebaran, untuk meningkatkan keamanan berlalu lintas di jalan negara tersebut.
         
"Bola lampu yang padam seharusnya segera diganti, terlebih jika di kawasan itu terdapat tempat putar balik arah kendaraan," kata Yanto, salah seorang warga yang kerap melintasi Jalinsum.
         
Sementara itu, hasil pantauan di sejumlah titik Jalinsum Bandarlampung, sebagian besar lampu penerangan sudah dinyalakan, namun masih terdapat lampu penerangan yang padam, seperti mulai dari "flyover" Wayhalim- RS Imanuel hingga Kalibalok.
         
Lampu penerangan itu tak berfungsi karena bola lampunya rusak, dan hingga sekarang belum mendapatkan penggantian dengan bola lampu baru. Mulai dari "fly over" Way Halim hingga depan SPBU Sukarame yang panjangnya sekitar 300 meter, terdapat sedikitnya 12 bola lampu yang padam. Padahal, di kawasan itu terdapat tempat pemutaran arah kendaraan dan arus lalu lintasnya juga ramai.
         
Selain itu, pengendara, terutama pemudik, juga diminta lebih waspada saat melintasi Jalinsum karena terdapat tempat putar balik (U Turn) yang ilegal atau tanpa petunjuk, seperti di kawasan Kalibalok dan Way Halim.
         
Padahal, Pemerintah Kota Bandarlampung sebelumnya telah menyatakan akan kembali menutup jalur putar balik atau "U Turn" di Jalan Soekarno-Hatta atau ruas Lintas-Sumatera yang telah dibuka oleh warga untuk menghindari kecelakaan di wilayah tersebut, terutama saat arus mudik Lebaran padat