Renovasi Diupayakan Tak Ganggu Pelayanan Bandara Radin Inten II

id Renovasi Bandara Radin Inten II, Bandara Radin Inten II, Pelayanan Bandara Radin Inten II

Renovasi Diupayakan Tak Ganggu Pelayanan Bandara Radin Inten II

Penumpang Bandara Radin Inten II Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Pihak otoritas bandara itu mengupayakan gangguan kenyamanan bagi penumpang akibat renovasi bisa diminimalkan dan tidak mengganggu kualitas pelayanan bandara, seperti saat "check in", ruang transit, dan parkir di bandara.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Otoritas Bandara Radin Inten II Lampung menjanjikan renovasi sejumlah fasilitas di bandara setempat tidak mengganggu pelayanan penumpang mudik maupun balik Lebaran 2016.

Kepala Bandara Radin Inten II Lampung Satimin di Branti, Lampung Selatan, Jumat (24/6), mengatakan kondisi bandara yang masih dalam tahap renovasi diupayakan tidak akan mengganggu kelancaran pelayanan selama arus mudik dan balik Lebaran.

Renovasi Bandara Radin Inten II dilakukan dalam rangka peningkatan status bandara tersebut menjadi bandara internasional.

Renovasi itu, meliputi perpanjangan landasan pacu, terminal, dan tempat parkir. Saat ini panjang landasan pacu Bandara Radin Inten II baru mencapai 2.500 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter.

"Kami usahakan barang lancar, penumpang arusnya cepat, 'drop zone' kami batasi sekian menit jadi tidak sampai terjadi penumpukan," ujarnya.

Ia memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2016 di Bandara Radin Inten II Lampung pada H-4 Lebaran 2016.

Diperkirakan pada puncak mudik itu, lima 5 ribu lebih penumpang penerbangan akan memenuhi bandara tersebut. Prediksi iti berdasarkan jumlah tiket yang terjual pada periode tersebut dan seterusnya yang sudah mencapai 100 persen.

Dia mengatakan setidaknya sekitar 5.956 penumpang pesawat udara akan memadati Bandara Radin Inten II pada periode tersebut.

Kondisi itu nampak kontras dengan kondisi bandara yang sedang melaksanakan renovasi terkait dengan peningkatan status bandara.

Sejumlah penumpang di bandara itu telah mengeluhkan kenyamanan mereka yang terganggu akibat renovasi tersebut, sehingga kondisi di sekitar bandara nampak semrawut.

Namun, pihak otoritas bandara itu mengupayakan gangguan kenyamanan bagi penumpang akibat renovasi bisa diminimalkan dan tidak mengganggu kualitas pelayanan bandara, seperti saat "check in", ruang transit, dan parkir di bandara.

Selama ini, fasilitar parkir di Bandara Radin Inten II selalu menjadi sorotan karena cenderung sempit, sehingga menjadi tidak beraturan, dan masih banyak kendaraan terpaksa parkir di jalan luar bandara.

Saat ini Bandara Radin Inten II Lampung melayani penerbangan dari tujuh maskapai dengan tujuan penerbangan Lampung-Jakarta, Lampung-Batam, Lampung-Bandung, Lampung-Palembang, dan Lampung-Bengkulu.

Penerbangan tujuan Jakarta masih menjadi favorit pemudik karena penerapan sistem "connecting flight".

Setiap hari ada 17 penerbangan Lampung-Jakarta yang dilayani oleh tiga maskapai dengan kapasitas kursi antara 72 hingga 189 tempat duduk.

Kenaikan jumlah pemudik pengguna jasa penerbangan di bandara itu pada musim mudik Lebaran 2016 dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai satu persen.