Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Dimakamkan

id Muhammad Ali Dimakamkan, Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali, Muhammad Ali, Legenda Tinju Dunia Meninggal

Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Dimakamkan

Muhammad Ali legenda tinju dunia telah meninggal dunia. (FOTO: ANTARA Lampung/www.bbc.co.uk)

Muhammad Ali meningggal dunia pada usia 74 tahun hari Jumat pekan lalu di Phoenix, Arizona, setelah 30 tahun lebih mengidap penyakit parkinson.
Jakarta (ANTARA Lampung) - Ribuan orang hadir dalam prosesi pemakaman legenda tinju dunia Muhammad Ali sejak Jumat (10/6) pagi waktu setempat, melalui jalan-jalan utama di kota kampung halamannya, Louisville.

Sebelumnya, Kamis, ribuan masyarakat muslim melakukan Salat Jenazah untuk Muhammad Ali yang beragama Islam, di Freedom Hall.

Muhammad Ali meningggal dunia pada usia 74 tahun hari Jumat pekan lalu di Phoenix, Arizona, setelah 30 tahun lebih mengidap penyakit parkinson.

Upacara penghormatan terakhir akan dilakukan di KFC Yum! Center, Louisville, pada Jumat pukul 14.00 waktu setempat (Sabtu dini hari WIB).

Di antara tokoh yang hadir untuk memberi pidato penghormatan adalah mantan Presiden AS Bill Clinton, aktor Billy Crystal, jurnalis Bryant Gumbel, saudara perempuan Ali, Maryum Ali, dan perwakilan dari berbagai kelompok agama.

Mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson ikut menghadiri prosesi pemakaman dan mengusung jenazah Muhammad Ali di Louisville, negara bagian Kentucky AS.

Juru bicara keluarga Muhammad Ali, Bob Gunnell seperti dikutip ESPN mengatakan, Tyson yang semula diragukan kehadirannya, akhirnya berangkat dengan pesawat terbang dari Las Vegas menuju Louisville.

Gunnel mengatakan, Tyson sangat terharu ketika mendapat kabar meninggalnya Ali, dan sempat menyatakan tidak yakin bisa mengendalikan perasaannya hadir dalam pemakaman legenda tinju dunia itu.

Tokoh yang menjadi pengusung jenazah Ali di antaranya mantan petinju Lennox Lewis, aktor Will Smith dan beberapa anggota keluarga Ali.