Wagub Lampung Kunker ke Sulawesi Selatan

id wagub lampung ke sulsel, karo humas pemprov lampung, bayana, bachtiar basri

Wagub Lampung Kunker ke Sulawesi Selatan

Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang (kanan) | Humas Pemprov Lampung (FOTO:ANTARA Lampung/Humas Pemprov Lampung)

...Wagub Lampung mengharapkan beberapa aspek keberhasilan peningkatan produksi padi Sulawesi Selatan dapat diaplikasikan di Provinsi Lampung, ujar Bayana...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri beserta rombongan Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan untuk pengembangan pertanian dan sektor strategis lainnya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung Bayana di Bandarlampung, Senin, mengatakan, Wagub Lampung mengharapkan beberapa aspek keberhasilan peningkatan produksi padi Sulawesi Selatan dapat diaplikasikan di Provinsi Lampung.

Program tersebut antara lain kebijakan daerah dalam mendukung Upsus peningkatan produksi padi baik dalam rangka regulasi maupun dukungan APBD provinsi,kabupaten dan kota.

"Selain itu pola gerakan terpadu dan sinergitas yang ditetapkan dalam pelaksanaan program dan kegiatan Upsus, khususnya dalam aspek pengairan, pupuk bersubsidi, penerapan teknologi, penyuluhan serta pemasarannya," katanya.

Wagub juga akan mengunjungi salah satu lokasi Upsus di wilayah Kabupaten Maros.

"Wagub berharap dapat diinformasikan mengenai pelaksanaan Satgas Terpadu Sergap (Serapan Gabah/Beras Petani) di Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk permasalahan dan kendalanya. Hal ini guna mengatasi permasalahan di Lampung khususnya di bidang pertanian," ujarnya.

Bachtiar Basri lanjutnya berharap melalui kunjungan kerja ini dapat terjadi tukar menukar informasi dan pengalaman sehingga terjadi "feed back" dalam memberikan manfaat bagi pembangunan secara keseluruhan.

"Dihadapan pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur didampingi Asisten Bidang Ekbang Adeham juga mempresentasikan sejumlah destinasi wisata Lampung," katanya.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang menyampaikan, Sulawesi Selatan sebagai "Centre Point Of Indonesia" memiliki letak geografis yang strategis berada pada jalur lintasan perhubungan laut dan udara.

Kondisi itu menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat pelayanan, interkoneksitas dan simpul jejaring bagi perkembangan ekonomi di Indonesia.

Sulawesi Selatan juga memiliki Sumberdaya alam yang beragam dan spesifik dengan berbagai produk unggulan memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti padi, jagung, kakao, udang rumput laut dan ternak sapi.

Potensi-potensi tersebut memiliki prospek bisnis, sehingga menjadi program strategis dan prioritas sektor pertanian dan perikanan untuk mendorong percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Sulawesi Selatan.

Produk unggulan Sulawesi Selatan tahun 2015 seperti, padi 6,4 juta ton, secara nasional surplus sebesar 2,1 juta ton. produk jagung sebesar 1,5 juta ton, produksi kakao sebesar 140,317 juta ton, populasi sapi mencapai sebanyak 1,3 juta ekor.

"Provinsi Sulawesi Selatan merupakan sentra produksi pangan terbesar di luar pulau Jawa, khususnya padi. Tercatat realisasi produksi padi tahun 2015 mencapai 5.471.806 ton GKG atau 1,38 persen terhadap produksi nasional (nomor 4)," tambah Wagub Sulawesi Selatan. (Ant)