Mourinho cocok untuk MU

id Liga Inggris,Mourinho cocok untuk MU

Mourinho cocok untuk MU

Jose Mourinho (Getty Images/Jordan Mansfield)

London (Antara/Reuters) - Jose Mourinho merupakan pemenang yang telah terbukti yang merupakan pilihan sempurna sebagai manajer Manchester United, kata mantan bek klub itu Phil Neville pada Minggu.
        
Media Inggris melaporkan bahwa pria Portugal 53 tahun itu akan ditunjuk menangani pekerjaan itu pekan depan, mengakhiri dua tahun masa kerja pelatih asal Belanda Louis van Gaal di Old Trafford setelah ia memimpin timnya memenangi final Piala FA pada Sabtu.
        
"Mourinho merupakan pemenang yang telah terbukti. Para penggemar United menginginkan tim yang bersaing untuk gelar liga, mereka tidak ingin tim yang finis di peringkat ketujuh atau kelima," kata Neville kepada BBC.
        
Mourinho dipecat Chelsea pada Desember, tujuh bulan setelah memimpin mereka meraih gelar Liga Inggris pada masa kerja keduanya di klub London itu.
        
"Ketika Jose selesai di suatu klub terdapat pola bahwa ia berselisih dengan para pemain, mengalami ketidak puasan, dan kemerosotan tim," kata Neville.
        
"Saya tidak dapat melihat ia bertahan untuk jangka waktu lama di United -- mungkin dua atau tiga tahun terlihat durasi yang sesuai baginya di suatu klub -- namun sepanjang ia membawa kesuksesan, para penggemar United tidak akan tidak gembira."
   
Sejak Alex Ferguson mengundurkan diri sebagai manajer tiga tahun setelah membawa United meraih gelar Liga Inggris untuk ke-13 kalinya, mereka finis di peringkat ketujuh di bawah asuhan David Moyes, dan peringkat keempat dan kelima di bawah Van Gaal.
        
"Ia (Mourinho) bukan tipe manajer yang akan datang dan berkata bahwa ini merupakan periode transisi dan finis di peringkat keempat di liga akan cukup -- itu tidak akan cukup untuk para penggemar United," kata Neville yang bermain untuk United di bawah arahan Ferguson dari 1995 sampai 2005.
        
Mourinho yang juga pernah mengarsiteki FC Porto, Inter Milan, dan Real Madrid, memenangi gelar liga setidak satu kali di tiap-tiap klub. Ia juga membawa Porto dan Inter mengukir kesuksesan di Liga Champions.
        
"Saya adalah penggemar Manchester United dan musim depan saya ingin mereka memenangi liga," kata Neville.
        
"Hal itu akan memberi tuntutan kepada dirinya dan saya yakin ia akan memiliki harapan yang sama."
   
Neville meyakini Mourinho memiliki kepribadian untuk mengatasi tuntutan-tuntutan dari posisi berat.
        
"Saya tahu Anda harus mampu mengatur cara tertentu ketika Anda merupakan manajer Manchester United, namun jika Anda menjauhi kelancangan itu Anda kehilangan makna seorang Jose Mourinho," kata Neville.
        
"Ia suka untuk menciptakan mentalitas keadaan perang ini dan itulah yang dilakukan Sir Alex (Ferguson) selama 26 tahun. Ia mengatakan kepada kami dalam setiap pertemuan tim bahwa seluruh dunia tidak menyukai kamu, menginginkan Anda gagal, dan itulah dasar motivasi kami dalam banyak pertandingan."