Pramuka Unila Gelar Lokabina Karana Adiguna

id Pramuka Unila Gelar Lokabina Karana Adiguna, Lokabina Karana Adiguna 2016, Pramuka Lampung

Pramuka Unila Gelar Lokabina Karana Adiguna

Asisten Ekbang Pemprov Lampung Adeham saat pembukaan Loka Bina Karana Adiguna 2016 di Kampus Unila Lampung. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist-Humas Pemprov Lampung)

"Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Pramuka golongan siaga, golongan penggalang, dan penegak se-Kwartir Daerah Lampung serta Pramuka golongan pandega se-Sumatera dan Jawa," ujarnya pula.
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pengurus Gugus Depan Gerakan Pramuka Bandarlampung 11-033 11-034 Pangkalan Universitas Lampung Racana Raden Intan-Puteri Silamaya menggelar Lokabina Karana Adhiguna tahun 2016 yang diikuti anggota Pramuka se-Lampung, Sumatera, dan Pulau Jawa.

Ketua Reka Kerja Lokabina Karana Adhiguna Shohib Abdul Azis, di Bandarlampung, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan sejak Sabtu hingga Minggu (21-22/5) ini bertujuan untuk mengasah kreativitas melalui kompetisi sportif untuk mewujudkan generasi muda yang berkualitas serta terbina keterampilan Racana Raden Intan-Puteri Simalaya dalam manajemen kegiatan.

Lebih lanjut Shohib menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh peserta golongan siaga sebanyak 99 orang, golongan penggalang sebanyak 1.025 peserta, dan golongan penegak dan pandega sebanyak 1.802 peserta.

"Adapun peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Pramuka golongan siaga, golongan penggalang, dan penegak se-Kwartir Daerah Lampung serta Pramuka golongan pandega se-Sumatera dan Jawa," ujarnya pula.

Saat pembukaan di Lapangan Rektorat Universitas Lampung (Unila) pada Sabtu (21/5), Gubernur Lampung M Ridho Ficardo diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham berharap kegiatan Lokabina Karana Adhiguna (LKA) dapat menjadi momentum untuk meningkatkan silahturahmi dan koordinasi antara sesama anggota Pramuka.

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang dibacakan Adeham menjelaskan bahwa Undang Undang Gerakan Pramuka pasal 11 menyebutkan bahwa pendiidkan kepramukan termasuk dalam pendidikan nonformal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai Gerakan Pramuka.

Adapun Kegiatan Lokabina Karana Adhiguna merupakan momentum yang tepat untuk menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama makhluk, tolong menolong dan gotong-royong, bertanggungjawab, disiplin, hormat, serta suci dalam pikiran, perbuatan dan perkataan.

Selain itu, Gubernur Lampung melalui Asisten Bidang Ekbang Adeham berharap melalui Kegiatan LKA ini para peserta dapat mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan, berbangsa dan bernegara, semangat bela negara, semangat cinta lingkungan, semangat pengabdian untuk membangun serta semangat pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.

"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial belaka, tetapi dapat digalakkan menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap kegiatan Gerakan Pramuka dalam rangka membentuk watak, kepribadian dan akhlak mulia serta wawasan dan pengalaman," ujar Gubernur Lampung itu pula.

Dalam kegiatan ini, juga turut dikukuhkan peserta didik Pramuka Pandega Universitas Lampung sebagai Pramuka Garuda Golongan Pandega.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini, adalah Pesta Siaga, PBB Putra Putri, Tata Cara Upacara Bendera, Pidato Billingual, Speech Contest, Majalah Dinding, Stand Up Comedy, Debat, Cerdas Tangkas Pramuka serta berbagai kegiatan lainnya.