Kapolda Metro: Pengamanan "May Day" tidak bersenpi

id Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto, pengamanan may day, tidak bersenpi

Kapolda Metro: Pengamanan "May Day" tidak bersenpi

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Moechgiyarto ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

...Semua sudah diperintahkan untuk tidak menggunakan senjata api," kata Moechgiyarto...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto memastikan anggota yang mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tidak menggunakan senjata api (senpi).

"Semua sudah diperintahkan untuk tidak menggunakan senjata api," kata Irjen Polisi Moechgiyarto di Jakarta, Minggu.

Moechgiyarto menuturkan petugas kepolisian yang menggunakan senjata peluru hampa atau karet hanya tim khusus tindak saat terjadi eskalasi massa yang berpotensi terjadi kerusuhan atau aksi anarkis.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu telah memerintahkan seluruh anggota Polda Metro Jaya dan jajaran polres hingga polsek agar humanis menghadapi buruh yang berunjuk rasa.

Polda Metro Jaya membentuk tiga satuan tugas (Satgas) pengamanan peringatan May Day yakni tim preemtif, preventif dan refresif atau tim tindak yang dilengkapi senjata dengan peluru karet atau hampa.

Penggunaan senjata api peluru hampa juga dijelaskan Moechgiyarto harus sesuai peraturan kapolri (Perkap) dengan sejumlah tahapan melalui perintah komandan di lapangan.

Polda Metro Jaya dibantu TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 16.000 personel gabungan guna mengamankan peringatan Hari Buruh se-Dunia di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (1/5).

Tercatat 120 ribu buruh menggelar berbagai aksi di depan Istana Negara Kepresidenan, Gedung DPR RI, Balaikota Gubernur, Gedung DPRD DKI dan kantor perwakilan ILO.

Buruh akan mengikuti acara puncak May Day antara lain orasi tokoh, deklarasi pergerakan dan pagelaran musik di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta Pusat.