Menpora pertimbangkan pencabutan pembekuan PSSI

id Menpora imam nahrawi, pembekuan pssi

Menpora pertimbangkan pencabutan pembekuan PSSI

Menpora Imam Nahrawi (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

...Pemerintah mempertimbangkan pencabutan pembekuan pada PSSI. Pemerintah selanjutnya mendorong diselenggarakannya KLB," kata Menpora...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menuturkan dirinya masih mempertimbangkan untuk mencabut SK pembekuan PSSI, meski sudah memastikan Kongres Luar Biasa PSSI akan segera digelar.

"Pemerintah mempertimbangkan pencabutan pembekuan pada PSSI. Pemerintah selanjutnya mendorong diselenggarakannya KLB," kata Menpora Imam Nahrawi di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan jika pemerintah menarik kembali SK pembekuan dan mengeluarkan SK baru untuk PSSI, maka pihaknya ingin agar PSSI mengubah status hukum dari perkumpulan menjadi perusahaan.

"Hal seperti itu seperti federasi sepak bola di Australia dan mereka sukses," ujar dia.

Selanjutnya, pemerintah ingin saham PSSI bisa dimiliki oleh klub atau penggemar sepak bola yang ingin memajukan sepak bola Tanah Air.

Agar hal tersebut dapat terjadi, ujar dia, statuta PSSI perlu diubah secara fundamental.

"Namun, jika berbenturan dengan keinginan melihat transparansi, opsi pertama itu tidak didorong," kata Menteri Imam.

Kemenpora juga akan meminta kepada anggota federasi untuk mempertimbangkan kembali aspek PSSI dikawal untuk memperbaiki manajemen, bukan untuk mengendalikaan PSSI.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menerbitkan peraturan menteri terkait stadarisasi cabang olahraga agar memiliki visi reformasi, standarisasi cabang olahraga serta standarisasi penyelenggaraan munas induk cabang olahraga.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan rancangan SK pencabutan PSSI sudah disiapkan.

"Sudah disiapkan, sudah ada draftnya, tetapi belum bisa kami tunjukkan ke media," kata dia.