ANTARA Dukung Kerja Sama Kantor Berita ASEAN

id Dirut antara, meidyatama suryodiningrat, rakernas pwi, hpn 2016

ANTARA Dukung Kerja Sama Kantor Berita ASEAN

Dirut LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat.(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

...Kita membutuhkan kantor berita (tingkat) ASEAN untuk saling tukar informasi, kata Dirut ANTARA Meidyatama...
Mataram (ANTARA Lampung) - Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, Meidyatama Suryodiningrat, mengatakan institusinya mendukung terbentuknya forum kerja sama kantor berita di tingkat Asia Tenggara sebagai sarana penguatan pertukaran informasi.

"Kita membutuhkan kantor berita (tingkat) ASEAN untuk saling tukar informasi," katanya saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk 'International Journalist Gathering' yang diadakan LKBN Antara, di Mataram, Senin.

Dia mengatakan ASEAN membutuhkan integrasi yang kuat khususnya dalam konteks Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga pembentukan kerja sama tersebut sangat dibutuhkan.

Meidyatama atau yang biasa disapa Dimas menilai dari kerja sama itu dapat dilakukan pertukaran berita teks, foto, dan produk-produk jurnalistik antar-kantor berita.

"Kami sangat senang apabila ini terwujud, Antara selama ini sudah memiliki kerja sama individual dengan beberapa kantor berita," ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, mantan Dirut LKBN Antara, Saiful Hadi, mengatakan kawasan ASEAN membutuhkan organisasi kantor berita meskipun beberapa negara seperti Singapura dan Brunei Darusalam tidak memilikinya.

Menurut dia, Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA) masih sangat besar, sehingga dibutuhkan organisasi kantor berita di tingkat Asia Tenggara.

"Beberapa negara di ASEAN seperti Singapura dan Brunei tidak memiliki kantor berita, namun kita bisa mengundang mereka (untuk bergabung)," katanya.

Dia mengatakan Antara telah menjalin kerja sama bilateral dengan beberapa kantor berita seperti Kantor Berita Iran (IRNA).

Menurut dia, dalam perkembangannya kerja sama tersebut melakukan pertukaran wartawan dan membuat "join exhibitio" yang dilakukan di Jakarta dan Teheran.

"Antara juga melakukan kerja sama dengan Kantor Berita Pemerintah Malaysia Bernama," ujarnya.

Diskusi juga dihadiri Direktur Perum LKBN Antara Aat Surya Safaat dan perwakilan kantor berita asing di Indonesia.