PBMA datangkan instruktur dari SIngapura latih guru

id pbma, m zen

...Peningkatan kualitas guru dilakukan melalui pelatihan dengan mendatangkan Shaheed Salim, seorang pakar pelatih pendidikan dari Al-Irsyad Singapura," kata Mohammad Zen...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Pengurus Besar Mathla'ul Anwar (PBMA) mendatangkan instruktur pendidikan dari Al-Irsyad Singapura untuk meningkatkan kualitas para guru di lingkungan Perguruan Mathla'ul Anwar di seluruh Indonesia melalui pelatihan yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Al-Irsyad Singapura.

"Peningkatan kualitas guru dilakukan melalui pelatihan dengan mendatangkan Shaheed Salim, seorang pakar pelatih pendidikan dari Al-Irsyad Singapura," kata Sekretaris Perguruan Mathla'ul Anwar Pusat Mohammad Zen kepada pers di Jakarta, Senin.

Mohammad Zen menjelaskan PBMA dan Al-Irsyad Singapura pada 26 - 28 Desember 2015 menyelenggarakan Pelatihan untuk Pelatih atau "training of trainer" (TOT) dengan tema "Pendidikan Transformatif".

TOT tersebut ditindaklanjuti dengan pelatihan secara nasional mulai Februari 2016, diawali di Provinsi Lampung. Para guru alumnus TOT nantinya diminta untuk melatih guru-guru lainnya di berbagai Perguruan Mathla'ul Anwar se-Indonesia, "Alhamdulillah, pelatihan di Lampung dapat dilaksanakan pada 6 - 8 Februari 2016. Kegiatan ini berfokus pada pelatihan bidang Matematika dan Bahasa Inggris, bertempat di Perguruan Mathla'ul Anwar Kedondong Kabupaten Pesawaran Lampung," katanya.

Pembukaan pelatihan di Lampung dihadiri Ketua Majelis Amanah Mathla'ul Anwar yang juga Staf Kepresidenen Bidang Komunikasi Politik Irsjad Djuwaeli, Muspika setempat, dan Ketua Pengurus Wilayah Mathla'ul Anwar Provinsi Lampung KH Abdul Hakim.

Dalam sambutannya, Ketua Majlis Amanah Mathla'ul Anwar menyambut baik pelatihan tersebut serta berharap bisa menghadiri acara serupa di masa yang akan datang.

Peserta pelatihan di Lampung berjumlah 130 guru utusan dari 25 madrasah dan sekolah Mathla'ul Anwar di Kabupaten Pesawaran.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Mathla'ul Anwar Lampung menjelaskan, di Lampung kini terdapat 133 satuan pendidikan Mathla'ul Anwar yang umumnya terkonsentrasi di sekitar Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Barat, Tanjungkarang, dan Lampung Utara.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Pendidikan PBMA Dr Jihaduddin menambahkan pelatihan yang diselenggarakan di Lampung merupakan pelatihan kedua setelah pelatihan pertama yang diselenggarakan di Menes Banten pada 24-26 Desember 2015.

Mathla'ul Anwar yang didirikan tahun 1916 di Menes Banten menyebar ke Lampung sejak 1930-an. Adapun madrasah Mathla'ul Anwar yang pertama berdiri di Lampung adalah di Tempelrejo, Pesawaran, didirikan oleh KH Abdul Halim, ulama alumnus Mathla'ul Anwar Menes.

Secara keseluruhan Mathla'ul Anwar hingga saat ini memiliki 2.000 satuan pendidikan dan dua Universitas, yakni Universitas Mathla'ul Anwar (UNMA) di Banten dan di Jakarta. Selain juga memiliki 63 perguruan di seluruh Indonesia. (Ant)