BKKBN: Perhatikan 1.000 hari pertama kehidupan anak

id bkkbn, seribu hari kehidupan anak

 BKKBN: Perhatikan 1.000 hari pertama kehidupan anak

Sekretaris Utama BKKBN Ambar Rahayu (pskespro.chnrl.net)

...Masa ini merupakan penentu kualitas generasi bangsa dan negara, setelahnya perhatian dilanjutkan pada siklus hidup selanjutnya, kata Ambar Rahayu...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional meminta para orang tua memperhatikan 1.000 hari pertama kehidupan seorang anak yang dimulai dari janin hingga sekitar dua tahun.

"Masa ini merupakan penentu kualitas generasi bangsa dan negara, setelahnya perhatian dilanjutkan pada siklus hidup selanjutnya," kata Sekretaris Utama BKKBN Ambar Rahayu di Jakarta, Senin.

Dia menyampaikan hal tersebut pada acara Kegiatan Diseminasi Kajian Analisis Dampak Kependudukan dengan tema "Kualitas Penduduk dan Stabilitas Keamanan Sebagai Modal Dasar Pembangunan".

Ambar menjelaskan, mempersiapkan kualitas penduduk dalam menyongsong bonus demografi mempunyai banyak tantangan mengingat banyaknya permasalahan yang dialami penduduk.

"Menghadapi bonus demografi berarti mempersiapkan potensi yang ada dalam siklus kehidupan manusia, dan merupakan pendekatan dalam meningkatkan kualitas penduduk," katanya.

Karena itu, kata dia, siklus hidup yang paling penting untuk diperhatikan dan tak boleh lepas dari perhatian adalah 1.000 hari pertama kehidupan.

"Maka masa dua tahun pertama kehidupan anak dan masa kehamilan merupakan potensi investasi negara yang harus diupayakan kualitasnya," katanya.

Untuk itu, kata dia, peningkatan kualitas penduduk melalui kesehatan ibu dan anak dalam menyongsong bonus demografi perlu dilakukan.

Dia menjelaskan, saat ini proporsi penduduk Indonesia didominasi oleh penduduk usia produktif yang seharusnya menjadi potensi bagi pembangunan.

"Menurut para ilmuwan, sebagai dampak keberhasilan program Keluarga Berencana di era tahun 1970-an, saat ini Indonesia sedang menikmati bonus demografi sampai dengan sekitar tahun 2030," katanya.

Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sedang proporsi usia muda sudah semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak.