Pembayaran Ganti Rugi JTTS Sabahbalau Rampung

id jalan tol trans sumatera, gronbreaking, sabah balau, ganti rugi lahan, tol lampung, tol

Pembayaran Ganti Rugi JTTS Sabahbalau Rampung

Seorang petugas tengah mengawasi pengerjaan pembangunan jalan tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau Lampung. Pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung-Palembang dikebut dengan mengerahkan banyak alat berat, dan ditargetkan tuntas s

Bandarlampung, (Antara Lampung) - Pembayaran ganti rugi Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau, Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan telah rampung, sebanyak 118 kepala keluarga telah menerima dana tersebut.

"Pembayaran ganti rugi di desa ini telah rampung, ada 112 kepala keluarga telah menerima dana dari lahan yang akan dijadikan tol," kata Kepala Desa Sabahbalau, Misyanto saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan, pemilik lahan memang meminta pembayaran ganti rugi segera selesai, sehingga dalam waktu dua bulan telah rampung.

Pihaknya pun telah sepakat dengan harga yang diberikan oleh pemerintah, untuk lahan pekarangan Rp350 ribu/meter sedangkan ladang diberikan harga Rp180 ribu/meter. Lalu untuk bangunan dan tanam tumbuh sudah termasuk didalamnya, itu langsung dibicarakan dengan pemiliknya.

"Tapi masih ada tujuh orang yang belum dibayarkan, karena keterlambatan administrasi. Hanya itu saja masalahnya, tidak ada yang lain," kata dia.

Ia mengungkapkan, JTTS yang melewati Desa Sabahbalau ini, sebagaian lahannya bukan asli milik warga setempat.

"Pemilik lahan banyak dari Kota Bandarlampung dan Lampung Selatan, tapi masih ada yang dimiliki warga asli," kata dia.

Misyanto melanjutkan, yang masih mengganjal warga desa ialah ganti rugi fasilitas umum di desanya, belum diketahui jatuh ke tangan siapa.

Perangkat desa pun bingung, jika memang itu milik pemerintah harusnya sudah di aspal atau onderlah tapi ini tidak ada. Bila begitu, siapa yang menerima uang ganti rugi dengan nilai Rp600 juta.

"Jumlah Rp600 juta sangat banyak, bila diberikan untuk pembangunan desa itu lebih bermanfaat," katanya.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dicanangkan Presiden Joko Widodo pada akhir April lalu di Desa Sabahbalau.

Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar- Palembang Sumsel sepanjang sekitar 400 km ditargetkan selesai pada Juni 2018 atau sebelum Asian Games 2018 berlangsung.

***1***