Kontingen Lampung Kandas di peringkat tujuh Porwil Sumatera

id porwil, porwil sumatera, porwil IX, gubernur lampung, Hannibal, kontingen lampung

Kontingen Lampung Kandas di peringkat tujuh Porwil Sumatera

Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo, yang juga Ketum KONI Lampung (ist)

Pangkal Pinang, (Antara Lampung) - Kontingen Provinsi Lampung gagal mencapai target karena hanya  mencapai posisi ke-7 pada Pekan Olahraga Wilayah IX Sumatera di Bangka Belitung, dengan meraih lima medali emas, sembilan perak, dan 13 Perunggu .         

Berdasarkan data panitia Porwil IX Sumatera, di Bangka Belitung, Minggu (22/11), juara umum diraih Riau dengan 41 emas, 33 perak, dan 21 perunggu.

Sedangkan tempat kedua direbut Sumatera Selatan yang memperoleh 35 emas, 26 perak, dan 27 perunggu, dan Sumatera Utara pada posisi ketiga dengan 24 emas, 21 perak, dan 35 perunggu, 

Pencapaian kontingen Lampung tersebut, belum memenuhi target yang diinginkan oleh KONI Lampung, yakni berada di peringkat lima besar.

"Meski tidak mencapai target, namun hasil itu tetap meningkat dalam hal perolehan medali dibandingkan Porwil sebelumnya," kata ketua kontingen Lampung Hannibal.

Menurut Hannibal, adanya penambahan medali memang menunjukkan adanya kemajuan, namun tidak bisa dipungkiri perkembangan atlet-atlet dari daerah lainnya juga jauh lebih maju.

Menurut dia, setelah Porwil ini akan dilakkukan evaluasi, dan ke depan akan coba dibenahi, terutama menjelang PON.

Hannibal menegaskan sesuai komitmen Gubernur Lampung yang juga Ketua Umum KONI Lampung M Ridho Ficardo, ke depan masalah pembinaan dan peningkatan fasilitas olahraga akan menjadi prioritas.

Hal senada disampaikan Kabid Pembinaan dan Prestasi KONI Lampung, Julian Manaf.

"Sesuai dengan keinginan gubernur untuk membangkitkan prestasi olahraga Lampung, soal dana ke depan bukan lagi menjadi kendala utama," ujarnya pula.

Perolehan empat medali emas untuk kontingen Lampung pada Porwil ini, disumbangkan oleh tim atletik, di antaranya Iwan Budianto melalui nomor lari 400 meter gawang putra, Zakaria Malik dari dasa lomba, Eko Wicaksono nomor lompat tinggi galah, dan Henri Setiawan lompat tinggi galah putra.

Sedangkan medali emas lainnya untuk Lampung diraih oleh perenang Ajeng Purwito Sari pada nomor 100 meter gaya punggung, dan perolehan medali perak serta perunggu tersebar pada lima cabang olahraga, yaitu atletik, renang, bulutangkis, silat, dan catur.

Pada empat cabang olahraga lainnya, yaitu panjat tebing, biliar, sepak bola, dan bola basket, atlet Lampung harus pulang tanpa medali apa pun di ajang tersebut.

Berikut hasil rekapitulasi perolehan medali Porwil IX se-Sumatera di antaranya:
------------------------------------------------------------
No Kontingen Emas Perak Perunggu
------------------------------------------------------------
1. Riau               41     33     21
2. Sumsel           35     26     27
3. Sumut            24     21     35
4. Sumbar          20     20     28
5. Babel             18     19     21
6. Aceh                9     13     14
7. Lampung         5       9     13
8. Jambi               3     10       6
9. Bengkulu         2       1       2
10.Kepri              1        2      8
----------------------------------------------------------