Lampung Barat Raih Penghargaan Opini WTP

id Penghargaan WTP Lampung Barat, Lampung Barat, Mukhlis Basri

Liwa, Lampung (ANTARA Lampung) - Kabupaten Lampung Barat menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan karena daerah ini memperoleh predikat laporan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Keuangan Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro kepada Wakil Bupati Lampung Barat Makmur Azhari, mewakili Bupati Mukhlis Basri, di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jalan Senen Raya Jakarta, Jumat (2/10).

Wakil Bupati itu juga didampingi Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) setempat, Sudarto.

"Prestasi yang sangat membanggakan bagi Kabupaten Lampung Barat yang merupakan salah satu dari 200 kabupaten dan kota yang menerima piagam penghargaan serupa," ujar Wakil Bupati dalam penjelasan tertulisnya.

Ia menyebutkan, Lampung Barat menerima piagam opini WTP tersebut atas prestasi yang telah diraih dalam laporan keuangan selama lima tahun berturut-turut pada tahun anggaran 2010-2014.

Pada periode tahun 2014, Makmur menjelaskan, Pemkab Lampung Barat menerima penghargaan serupa dari BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung Ambar Wahyuni.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, Rakernas tersebut diharapkan dapat mendorong kementerian atau lembaga (K/L) serta pemerintah pusat dan daerah menerapkan pelaporan keuangan berbasis akrual (Accrual Basis).

Kegiatan ini, kata dia, merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan dari tahun 2008. Sedangkan tema tahun ini adalah "Implementasi Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Berbasis Akrual".

"Komitmen kita kuat, dan pemerintah mampu menyusun serta menyajikan laporan keuangan berbasis akrual yang berkualitas, sehingga menjadi alat pertanggungjawaban yang baik," kata dia lagi.

Ini bagus untuk meningkatkan kepercayaan pemerintah apalagi dalam kondisi ekonomi global seperti saat ini, ujar Menkeu pula.

Rakernas ini dibuka Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution, serta dihadiri seluruh menteri atau pimpinan lembaga, gubernur, bupati atau wali kota yang LKPP atau LKPD-nya memperoleh opini WTP.

Rakernas akuntansi ini dihadiri ketua dan anggota BPK, gubernur dan pimpinan lembaga lainnya yang terdiri 903 anggota.

Pemerintah memberi penghargaan kepada 207 entitas pelaporan 26 pemerintah provinsi, 149 pemerintah kabupaten, 50 pemerintah kota yang berhasil menyajikan laporan keuangan 2014 dengan opini audit WTP.