Lahan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau tak kunjung dibayar

id Lahan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau tak kunjung dibayar

Lahan Tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau tak kunjung dibayar

Tol Trans Sumatera Alat berat dikerahkan untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera di Desa Sabahbalau Lampung, Kamis (20/8). Pembangunan jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung-Palembang dikebut dengan mengerahkan banyak alat berat, dan dit

Bandarlampung (Antara Lampung) - Warga Desa Sabahbalau Kecamatan Tanjungbintang Lampung Selatan mendesak pemerintah segera membebaskan lahan mereka yang terkena pembangunan Tol Trans Sumatera.
    
"Pengukuran lahan telah selesai minggu lalu. Saat ini warga menunggu paparan dari pemerintah tentang lahan yang terkena proyek tol itu," kata Kepala Desa Sabahbalau, Misyanto, Selasa.
    
Dia mengatakan, hasil pengukuran yang telah dilakukan pemerintah dengan dibantu warga setempat, ada lima rumah yang terkena proyek itu, sedang untuk lahan milik 130 warga yang berupa sawah dan kebun
cukup luas.
   
"Kami meminta pemerintah segera melakukan pengumuman terkait lahan yang akan digunakan. Jika rumah warga terkena proyek, harus segera dibayar agar bisa dicarikan gantinya," katanya.
    
Ia menyebutkan hingga saat ini belum ada kejelasan dari pemerintah berapa luas lahan yang akan dibebaskan dan harganya.
    
Dia mengharapkan pemerintah bertindak cepat karena warga sudah menunggu cukup lama.
    
"Jangan sampai digantung terlalu lama," katanya.
    
Hal senada disampaikan warga lainnya, Kirno yang juga warga Desa Sabahbalau.
     
"Pembangunan tol sangat cepat dan di tanah saya ada kebun yang siap panen. Jika belum waktunya panen sudah digusur bisa merugi. Yang kami minta adalah pemerintah cepat melakukan pengumuman, sehingga kami bisa antisipasi jika memang harus panen lebih cepat," katanya.
    
Dia mengungkapkan, sejauh ini warga yang memiliki tanah di lokasi pembangunan Tol Trans Sumatera sudah sering dikumpulkan, bahkan ikut membantu pengukurannya.

     
Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera dicanangkan Presiden Joko Widodo pada akhir April lalu di Desa Sabahbalau.
    
Pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar- Palembang Sumsel sepanjang sekitar 400 km ditargetkan selesai pada Juni 2018 atau sebelum Asian Games 2018 berlangsung.