Buruh harus ikut ciptakan usaha kondusif

id Buruh harus ikut ciptakan usaha kondusif

Jakarta (Antara Lampung) - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI sekaligus Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta Sarman Simanjorang meminta para buruh agar turut menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif di ibu kota Jakarta.
         
"D itengah kondisi ekonomi kita yang sedang bergejolak, buruh demo kelihatannya kurang tepat dan makin menambah ketidakpercayaan para investor kepada kita," kata Sarman di Jakarta, Selasa.
         
Seharusnya, menurut dia, apabila ada aspirasi buruh yang ingin disampaikan kepada pemerintah, maka tidak perlu turun ke jalan karena akan mengganggu aktivitas perdagangan dan bisnis.
         
"Akan lebih baik jika aspirasi itu disampaikan melalui dialog atau dengan audiensi, sehingga lebih efektif dan terarah daripada harus melakukan aksi demonstrasi di jalan yang justru akan menurunkan produktivitas pekerja," ujar Sarman.
         
Dia menuturkan dalam kondisi ekonomi yang tengah bergejolak ini, diperlukan dukungan dari semua pihak untuk membantu pemerintah mengambil langkah dan kebijakan yang dapat mengatasi tantangan perekonomian.
         
"Saat ini, dibutuhkan kerja sama dan kekompakan agar tercipta iklim usaha dan investasi yang kondusif, sehingga kepercayaan pasar dan investor terhadap ekonomi kita semakin besar. Dengan begitu, nilai rupiah kita pasti semakin menguat," tutur Sarman.