Palace hajar Chelsea 2-1

id chelsea kalah

Palace hajar Chelsea 2-1

Willian beradu dengan Wilfried Zaha saat Chelsea menjamu Crystal Palace, Sabtu (29/8/2015). (IAN KINGTON/AFP)

London (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Pelatih Chelsea Jose Mourinho menelan kekalahan keduanya di Liga Utama Inggris di Stamford Bridge ketika Crystal Palace mengunci kemenangan mengejutkan 2-1 atas sang juara bertahan pada Sabtu.

Mourinho menjalani pertandingan kandang ke-100nya di kompetisi starat teratas Inggris, namun Palace memastikan tonggak sejarah itu tidak akan dikenang dengan manis oleh sang pelatih asal Portugal ketika mereka merasakan kekalahan perdananya di kandang sejak mereka kalah dari Sunderland pada April 2014.

Ini merupakan pukulan terkini bagi pasukan Mourinho, yang hanya meraih satu kemenangan dari keempat pertandingannya dan tertinggal delapan angka dari pemuncak klasemen Manchester City, yang memperpanjang rekor 100 persennya di kompetisi strata teratas berkat kemenangan 2-0 dari Watford di Eastlands.

"Palace memberi kami pertandingan yang sangat sulit namun hasilnya semestinya imbang, yang tetap akan buruk bagi kami" kata Mourinho.

"Kami menciptakan banyak peluang namun kami memiliki beberapa pemain yang pikirannya tidak berada dalam pertandingan ini." Hanya beberapa detik setelah menyapu tandukan Gary Cahill sebelum melewati garis gawang, penyerang asal Mali Bakary Sako mencetak gol ke gawang lawan, menyambar umpan silang Yannick Bolasie untuk membawa Palace memimpin pada menit ke-65.

Penyerang asal Kolombia Radamel Falcao terlihat akan mengamankan satu angka bagi Chelsea, ketika pemain pinjaman dari Monaco itu menanduk umpan silang Pedro Rodriguez untuk menjadi gol pertamanya untuk 'Si Biru' pada menit ke-79.

Bagaimanapun, skor imbang tidak bertahan lama, ketika bek Joel Ward menanduk umpan silang Sako pada menit ke-81 untuk membuat Palace yang menghuni peringkat kedua meraih kemenangan perdananya di Stamford Bridge sejak 1982.

Di Eastlands, gol perdana Raheems Sterling untuk City sejak kepindahannya dengan nilai transfer 49 juta pound dari Liverpol mematahkan kegigihan Watford pada menit ke-47, ketika pemain sayap Inggris itu menyambar umpan silang Bacary Sagna.

Fernandinho menyumbangkan gol kedua untuk City pada menit ke-56, pemain Brazil itu memasukkan bola setelah memainkan umpan satu-dua dengan David Silva, untuk mengunci kemenangan kesepuluh secara beruntun di liga terhitung sejak musim lalu.

"Anda tidak dapat mengharapkan memenangi pertandingan dalam waktu 45 menit melawan tim yang bertahan dengan baik. Kami melakukan beberapa perubahan dan kami menciptakan lebih banyak peluang dan memenangi pertandingan," kata Pellegrini.

Liverpool takluk untuk pertama kalinya pada musim ini ketika kemenangan 3-0 West Ham membawa tim London timur itu meraih kemenangan perdananya di liga di Anfield sejak 1963.

Pada menit ketiga, sundulan buruk Martin Skrtel jatuh ke kaki Aaron Cresswell dan umpan silang mendatarnya diteruskan oleh Manuel Lanzini, gelandang Argentian berusia 22 tahun yang dipinjam dari Al Jazira.

Pasukan Slaven Bilic menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-29 melalui sepakan Mark Noble, setelah bek 'Si Merah' Dejan Lovren memberi kesempatan kepada Lanzini untuk menguasai bola.

Pengatur permainan asal Brazil Philippe Coutinho diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-56.

Wasit Kevin Friend juga mengusir keluar Noble pada fase akhir pertandingan, namun masih ada waktu bagi Diafra Sakho untuk melengkapi penderitaan Liverpool dengan gol ketiganya menjelang pertandingan usai.

"Gol pertama merupakan gol murah dan itu memberi motivasi dan semangat juang kepada West Ham. Gol kedua merupakan kesalahan, yang dapat terjadi," kata pelatih 'Si Merah' Rodgers.

Kecerobohan Arsenal mengunci kemenangan kedua mereka di liga musim ini ketika gol bunuh diri Fabio Coloccini membuat 'The Gunners' menang 1-0 atas Newcastle United.

Titik balik terjadi pada menit ke-16 ketika wasit Andre Marriner mengusir keluar Aleksandar Mitrovic, setelah penyerang Newcastle itu menginjak pergelangan kaki Francis Coquelin ketika ia berusaha menjangkau bola dengan merentangkan kakinya.

Pasukan Wenger mengambil keuntungan dari keunggulan jumlah pemain pada menit ke-52, ketika sepakan Alex-Oxlade Chamberlain gagal dihentikan kiper Tim Krul setelah dibelokkan Coloccini.

Leicester bermain imbang 1-1 di markas Bournemouth berkat penalti Jamie Verdy pada menit ke-86, setelah tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui sepakan akrobatik penyerang Callum Wilson.

Sunderland masih gagal mencatatkan kemenangan di liga setelah hanya mampu bermain imbang 2-2 di markas Aston Villa.

West Bromwich Albion menang 1-0 di markas Stoke, yang harus kehilangan Ibrahim Afellay dan Charlie Adam karena mendapat kartu merah, ketika penyerang asal Venezuela Salomon Rondon mencetak gol perdananya sejak didatangkan dengan nilai 12 juta pound dari Zenit St Petersburg.

Pada pertandingan yang dimainkan paling akhir, Tottenham bermain imbang 0-0 dengan Everton di White Hart Lane, yang membuat tuan rumah masih menantikan kemenangan perdananya musim ini.

Hasil imbang ini juga membuat hanya ada tujuh kemenangan yang dibukukan tim-tim tuan rumah dari 38 pertandingan Liga Utama Inggris musim ini.

Pada Minggu Manchester United akan melawat ke markas Swansea, sedangkan Southampton menghadapi Norwich.