Buku Bikin Makin Erat Hubungan Indonesia-India

id Hubungan Indonesia-India, Buku Masala Bumbu

Jakarta (ANTARA Lampung) - India dan Indonesia mempererat hubungan melalui buku, salah satunya berjudul "Masala Bumbu" yang berisikan tentang berbagai aspek terkait kedua negara yang diluncurkan oleh Kedutaan Besar India untuk Indonesia di Jakarta, Senin (10/8).

"Buku ini membahas berbagai sektor tentang Indonesia dan India. Tentang kesamaan-kesamaan kedua negara dalam demokrasi, sejarah, kultur," kata Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh.

Melalui buku Masala Bumbu tersebut, Gurjit menginginkan masyarakat kedua negara bisa memahami lebih banyak hubungan antara Indonesia dengan India dari berbagai aspek.

Ia menilai, India dan Indonesia memiliki banyak kesamaan yang membuat kedua negara yang sama-sama tengah berkembang tersebut semakin dekat.

"Masala dalam bahasa India artinya bumbu. India dan Indonesia sama-sama pernah dijajah karena bangsa kolonial menginginkan rempah-rempah dari tanah kita. Seperti Belanda kepada Indonesia dan Inggris terhadap India," ujar dia.

Dengan berlandaskan atas kesamaan-kesamaan itulah Gurjit terinspirasi untuk membuat buku yang ditulis oleh sejumlah tokoh untuk membahas berbagai aspek tentang Indonesia dan India.

Buku Masala Bumbu membahas sejumlah aspek di kedua negara mengenai demokrasi, ekonomi, budaya, keamanan negara, sumber daya manusia, dan berbagai hal yang ditulis melalui sudut pandang orang Indonesia dan India.

Sejumlah nama yang turut menuangkan pikirannya dalam buku tersebut, antara lain Dino Patti Djalal, Gita Wirjawan, Satryo Soemantri Bodjonegoro, dan Farah Quinn.