Gubernur Lampung terima anugerah Iptek Budhipura

id gubernur lampung, anugerah iptek budhiarta, ridho ficardo

Gubernur Lampung terima anugerah Iptek Budhipura

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerima Anugerah Iptek Budhipura dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia penganugrahan tersbut berlangsung di Markas Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta, Senin (ist)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menerima Anugerah Iptek Budhipura dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Penganugerahan Iptek Budhipura pada Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XX/2015 berlangsung di Markas Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta, Senin.

"Pemerintah Provinsi yang memiliki prestasi dalam pembangunan sistem inovasi daerah (SIDa) hingga menghasilkan produk-produk atau jasa inovasi di Provinsi Lampung," kata Kepala Balitbangnova Pemerintah Provinsi Lampung Mulyadi Arsyad.

Penyerahan Anugerah Budhipura ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritimin Indroyono Soesilo, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yudhi Chrisnandi, Mantan Presiden BJ.Habibie, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, Komandan Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Aan Kurnia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Mohamad Nasir mengatakan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, pihak Kemenristek telah melakukan kerja sama bersama dengan para pemangku kepentingan, para peneliti serta sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dalam upaya peningkatan hasil teknologi.

Mohamad Nasir menyebutkan hasil dari kerjasama tersebut akan membawa dampak bagi peningkatan produksi hasil pertanian, dalam upaya pemerintah mempercepat pembangunan di bidang peternakan hingga sektor kemaritiman yang juga menjadi perhatian oleh pemerintah saat ini.

Kepala Balitbangnova Pemerintah Provinsi Lampung Mulyadi Arsyad mengatakan bahwa penghargaan Anugerah Iptek Budhipura ini merupakan apresiasi dari Kemenristek Republik Indonesia atas prestasi Pemerintah Provinsi Lampung dalam melakukan pengembangan inovasi dan teknologi dibidang pertanian dan peternakan.

"Terdapat tiga hasil atau produk dari Lampung yang menjadikan Kemenristek memberikan penghargaan kepada Provinsi Lampung," jelasnya.

Ketiga produk itu, pengembangan budidaya kambing Saburai, beras Siger, dengan bahan dasar dari beras ini dari singkong yang memiliki keunggulannya memiliki rasa yang sama dengan beras konvensional, kandungan protein yang tinggi serta rendah akan kandungan karbohidrat.

Selanjutnya, ayam probiotik dimana dalam proses pemeliharaannya atau pemberian pakan menggunakan herbal, hal ini menjadikan ayam tersebut sangat aman dikonsumsi karena tidak menggunakan bahan kimia sebagai pemacu pertumbuhannya.

Bahkan teknologi ayam probiotik ini menjadi bahan kajian yang serius didalami pengembangannya oleh Kemenristek Republik Indonesia, tentunya itu menjadi poin kebanggaan Provinsi Lampung karena telah memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain Provinsi Lampung yang menerima penghargaan Anugerah Iptek Budhipura ini, terdapat empat provinsi lainnya, yakni Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Gorontalo, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Barat.