Tol Bakauheni-Palembang selesai 2018

id tol,jalan,trans sumatera

Tol Bakauheni-Palembang selesai 2018

Alat-alat berat mulai digunakan dalam pembangunan tol di Bakauheni Lampung. Pembangunan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung mulai dikerjakan. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Palembang (Antara Lampung) - Direktur Utama PT Jasa Marga Aditya Warman menargetkan jalan tol Palembang-Bakauheni yang mulai dikerjakan tahun ini, bisa selesai Juni 2018.
        
"Jalan tol sepanjang 400 km antara Palembang, Sumatera Selatan dengan Bakauheni, Lampung, pada Juni 2018 atau sebelum pelaksanaan Asian Games di Palembang sudah terhubung," kata Aditya Warman pada acara Seminar Nasional dan Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia 2014 "Memperkuat Modal Dasar Konektivitas" di Palembang, kemarin.
   
Menurut dia, program pembangunan infrastruktur terutama pembangunan jalan bebas hambatan (tol) yang dipercayakan pemerintah kepada PT Jasa Marga optimistis dapat dikerjakan dengan baik dan selesai sesuai target yang ditetapkan.
        
Untuk membangun tol tersebut sekarang ini telah mulai dilakukan pekerjaan fisik sepanjang 140 km di wilayah Lampung dan secara bertahap terus dilanjutkan ke Palembang, katanya.
        
Dia menjelaskan, pembangunan jalan tol dapat mempermudah konektivitas antarprovinsi dan mempercepat distribusi hasil pertanian dan industri.
        
Sebagai contoh dengan mengandalkan infrastruktur jalan negara yang tersedia selama ini untuk mendistribusikan hasil pertanian membutuhkan waktu yang cukup lama karena ruas jalan sempit dan kurang baik sehingga kemacetan arus lalu lintas sulit dihindari.
        
Kondisi infrastruktur yang kurang memadai menjadi penyebab biaya transportasi tinggi yang berdampak terhadap harga barang berbagai kebutuhan pokok masyarakat menjadi mahal.          
   
Dengan adanya jalan tol tersebut diharapkan kota-kota yang ada di Lampung dan Sumsel dapat berkembang dengan cepat serta dapat mendukung pelaksanaan Asian Games di Palembang.
        
Selain jalan tol Palembang-Bakauheni, pihaknya juga berupaya secepatnya memulai pembangunan jalan tol yang menghubungkan provinsi di Pulau Sumatera lainnya, ujar dia pula
   
Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono pada kesempatan yang sama menjelaskan, selain tol Palembang-Bakauheni, juga diprioritaskan pembangunan jalan tol Palembang - Tanjung Api Api untuk menuju ke pelabuhan samudera dan kawasan ekonomi khusus (KEK).
        
"Setelah tol Palembang-Bakauheni, mudah-mudahan tahun depan tol yang menghubungkan Kota Palembang dengan pelabuhan samudera dan kawasan KEK di Tanjung Api Api wilayah Kabupaten Banyuasin itu bisa dimulai pembangunannya," ujar menteri.