Polres Lampung Utara ekspose penangkapan begal

id Polres Lampung Utara, ekspose penangkapan begal

Lampung Utara (ANTARA Lampung) - Polres Lampung Utara menggelar ekspose penangkapan sejumlah begal dan pengguna narkoba di wilayah hukum setempat di Kotabumi, Kamis.

Wakapolres Lampung Utara Kompol Welly Gunawan didampingi Kabag Ops Kompol Rahmad Mardian dan Kasat Reskrim Iptu Supriyanto mengatakan bahwa penangkapan beberapa orang pelaku pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan itu berkat usaha jajarannya beberapa hari terakhir.

Selain mengamankan para tersangka, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya enam unit sepeda motor hasil curian dan beberapa barang bukti lainnya.

"Kami telah menangkap salah satu di antaranya yang telah melakukan enam kali tindak kriminalitas pencurian dengan kekerasan di tempat kejadian yang berbeda, dan ada satu di antara pelaku yang berusia di bawah umur yakni 14 tahun," ujarnya.

Welly Gunawan menuturkan bahwa pengungkapan itu adalah hasil pemburuan tim Crime Hunter yang telah dibentuk oleh pihaknya pekan lalu bersama dengan hasil pemburuan beberapa polsek di Lampung Utara.

"Untuk tersangka dengan usia di bawah umur, kami akan menyesuaikannya dengan hukum di bawah umur. Dari beberapa tersangka ini, kami kembangkan untuk terus memburu kawanan para begal lainnya," katanya.

Dalam melakukan tindakan pencegahan aksi kejahatan, lanjut dia, jajaran polres setempat akan terus melakukan berbagai upaya, seperti patroli rawan subuh, razia, dan menerjunkan kekuatan penuh Sabhara.

"Hal itu bertujuan mempersempit ruang gerak para pelaku," ujarnya lagi.

Hasil operasi tindakan selama sepekan ini akan dijadikan acuan untuk terus menggelar operasi lainnya dengan tujuan meminimalkan tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Lampung Utara.

"Madus operandi para tersangka yang telah ditangkap kebanyakan mereka memperoleh kendaraan korban dengan cara mengancam korban, baik dengan menggunakan senjata tajam maupun senjata api, dan hasil para tersangka kebanyakan untuk kesenangan pribadi," katanya.

Dalam menekan tindakan kriminalitas di wilayah hukumnya tersebut, jajaran Polres Lampung Utara berkomitmen untuk terus menekan pencurian dengan kekerasan dan tindak kriminalitas lainnya yang sifatnya mengganggu keamanan dan meresahkan masyarakat Lampung Utara, dengan menembak para pelaku, kata dia pula.