Pemudik pun dibekali bibit pohon

id mudik gembira bpjs ketenagakerjaan, mudik gratis bpjs ketenagakerjaan

...Saya sudah menyurati seluruh gubernur dan bupati/wali kota agar mendorong perusahaan di wilayahnya untuk memfasilitasi penyelenggaraan mudik lebaran...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Para pemudik yang pulang kampung bersama BPJS Ketenagakerjaan dibekali bibit pohon oleh Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri yang diharapkan dapat ditanam di kampung halamannya masing-masing.

"Jangan lupa bibit pohon ini ditanam di kampung sehingga dengan pohon ini tumbuh dan berkembang, pahala Bapak dan Ibu mengalir. Selamat menikmati mudik bersama. Sampaikan salam saya untuk keluarga di kampung," kata Hanif usai melepas Mudik Gembira (Green, Menyenangkan, Beriringan, Gratis) yang diselenggarakan oleh BPJS Ketengakerjaan di Plaza Utara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu.

Sekitar 4.000 pemudik yang merupakan pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan mengikuti program Mudik Gembira tersebut dengan menggunakan 75 bus.

Kegiatan yang telah diadakan untuk ketiga kalinya oleh BPJS Ketenagakerjaan itu mengantarkan pemudik ke dua rute yakni ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menaker kembali mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyelenggarakan mudik bersama untuk meringankan dan mempermudah para pekerja/buruh serta keluarganya yang akan mudik ke kampung halamannya masing-masing.

"Saya sudah menyurati seluruh gubernur dan bupati/wali kota agar mendorong perusahaan di wilayahnya untuk memfasilitasi penyelenggaraan mudik lebaran bersama dengan para pekerjanya," kata Hanif.

Bagi perusahaan yang telah menyelenggarakan mudik bersama, Menaker menyatakan apresiasinya dan berharap agar kegiatan itu dapat menjadi kegiatan rutin.

Hanif mengatakan kegiatan mudik bersama merupakan upaya perusahaan memberikan kesejahteraan bagi pekerja dan keluarganya, dan merupakan salah satu upaya perusahaan dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.       

"Acara mudik bersama yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan ini kan baik karena sangat membantu meringankan dan mempermudah pekerja/buruh serta keluarganya yang hendak mudik lebaran tahun ini karena mempunyai transportasi yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor dimana lebih berisiko apalagi membawa keluarga dan anak," papar Hanif.

Hanif pun mengimbau perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan bantuan kepada pekerja/buruh yang berwujud paket-paket lebaran melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) yang dimiliki masing-masing perusahaan yang tentunya akan sangat menguntungkan dan membantu pada pekerja/buruh dalam merayakan hari lebaran.(Ant)