Turki kirim puluhan tank ke perbatasan Suriah

id Konflik Suriah, Mesir, Irak, Iran dan Lebanon

Baku, Azerbaijan (Antara/OANANews) - Turki mengirimkan peralatan militer ke Provinsi Gaziantep, yang terletak di perbatasan dengan Suriah, kata laporan televisi Kanal7, Selasa.
        
Menurut laporan itu, terdapat lebih dari 32 tank dikirim ke Provinsi Gaziantep. Sebelumnya, Kanal7 sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Trend, juga melaporkan Turki mempertimbangkan menciptakan daerah aman di Suriah antara kota Aleppo, Idlib dan perbatasan Turki, termasuk kota perbatasan Ayn al-Arab (Kobani), Jarabulus dan lain-lain.
        
Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu sebelumnya mendesak PBB untuk membuat keputusan mengenai penciptaan zona aman di Suriah. Pihak berwenang Turki telah secara aktif mempromosikan isu untuk mendirikan zona aman di Suriah utara.
        
Pihak berwenang Suriah telah berulang kali mengutuk niat pemerintah Turki dan mengatakan bahwa Damaskus sangat menolak penciptaan zona penyangga, tidak peduli di mana zona itu berada.
        
Sebelumnya, mantan kepala Staf  Turki Ilker Basbug mengatakan bahwa unit angkatan bersenjata Turki bisa masuk Suriah untuk menciptakan zona aman di sana, tetapi mereka tidak akan dapat meninggalkan wilayah negara itu. Dia juga mendesak Ankara untuk mendukung pemerintah Suriah.