Pemkot Bandarlampung bangun 70 sumur bor

id pemkot bandarlampung, 70 sumur bor, wali kota bandarlampung, herman hn

...Kami sudah menyiapkan 70 buah sumur bor baru di sejumlah wilayah yang rawan kemarau...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung menyiapkan 70 buah sumur bor untuk mengantisipasi kemarau panjang yang diprediksi akan berlangsung lebih panjang disebabkan pengaruh El-Nino.

"Kami sudah menyiapkan 70 buah sumur bor baru di sejumlah wilayah yang rawan kemarau," kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, di Bandarlampung, Senin.

Dia menyatakan, pembangunan sumur-sumur bor tersebut akan selesai dalam waktu dekat, sehingga saat menghadapi kemarau, wilayah yang kekeringan itu akan tetap tersedia air.

Sejumlah wilayah di Bandarlampung yang tahun lalu dilanda kemarau, yakni Kecamatan Kedaton di Kelurahan Koga, Kecamatan Panjang, Kecamatan Sukabumi dan Kelurahan Kaliawi.

"Untuk tahun ini pemkot juga menyiapkan air bersih bagi warga yang membutuhkan air," kata Herman lagi.

Ia memastikan Kota Bandarlampung terbebas dari kekurangan air bersih, meskipun dari data PDAM Way Rilau Bandarlampung, persediaan debit air mengalami penurunan hingga 7 persen dari debit normal 560 liter per detik memasuki musim kemarau.

Pemkot Bandarlampung juga akan menyiapkan air dari PDAM dan BPBD Kota Bandarlampung, dengan menyiagakan tujuh armada berupa mobil tangki berisi air bersih yang siap didistribusikan jika memang ada wilayah yang sudah mengalami krisis air.

"PDAM ada empat unit mobil, BPBD ada tiga mobil. Jadi yang memerlukan air bersih tinggal bilang dan tidak perlu bayar, gratis untuk rakyat," kata dia lagi.

Kepala BPBD Kota Bandarlampung Edi Hariyanto menegaskan, telah menyiapkan persediaan air bersih untuk warga Bandarlampung yang membutuhkannya.

"Dalam menghadapi musim kemarau ini, BPBD sudah siap dengan penyediaan air bersih, kami siapkan 12 mobil tangki air yang siap untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkannya," ujar dia.

Dia menyatakan, BPBD setempat memiliki sumber air bersih dari tandon-tandon air miliknya.

Program pengadaan air bersih pada saat kemarau seperti ini sudah dilakukan pula pada tahun-tahun sebelumnya.

Prosedur permohonan mendapatkan air bersih, warga hanya perlu menghubungi kantor BPBD Bandarlampung ke nomor (0721) 252741, atau warga cukup memberitahukan ketua RT agar nantinya diteruskan ke pihak kelurahan.

"Bisa juga melalui posko BPBD yang ada di kecamatan. Jadi, nanti kita distribusikan air di satu tempat, berapa tangki sesuai dengan kebutuhan warga, sehingga tinggal masyarakat ambil langsung ke mobil tangki kita secara gratis," ujarnya pula.