Sekdaprov Lampung Minta Optimalkan Bendungan Batu Tegi

id sekdaprov lampung, arinal djunaidi, bendungan batu tegi, kabupaten tanggamus

Sekdaprov Lampung Minta Optimalkan Bendungan Batu Tegi

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi saat rapat Koordinasi Sekretaris Daerah Provinsi Lampung dengan Sekretaris Daerah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung (Foto Humas Protokol Pemrov Lampung)

Optimalisasi pemanfaatan Waduk Batu Tegi itu harus dilakukan,"
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Arinal Djunaidi meminta Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung Lampung untuk mengoptimalkan Bendungan Batu Tegi di Kabupaten Tanggamus.

"Optimalisasi pemanfaatan Waduk Batu Tegi itu harus dilakukan, karena terjadi permasalahan penurunan debit air, perubahan alih fungsi daerah genangan menjadi lahan pertanian, serta pertumbuhan gulma pada air di wilayah bendungan tersebut," kata dia, pada rapat koordinasi dengan sekretaris daerah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, di kantor Bendungan Batu Tegi Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Kamis (28/5).

Sekdaprov menyatakan, dalam pembahasan optimalisasi pemanfataan Bendungan Batu Tegi diusulkan akan diadakan pembahasan mendalam tentang kebijakan insentif dan disinsentif dalam menjaga daerah resapan air.

Hal itu, menurutnya, untuk menjaga ketersediaan air di Lampung dan mendukung program swasembada pangan.

Sedangkan untuk pemeliharaan dan perbaikan daerah resapan Waduk Batu Tegi perlu adanya mekanisme 'sharing' bagi kabupaten yang memanfaatkannya.

Dalam rapat itu, juga dibahas sosialisasi PT Taspen tentang aplikasi gaji terbaru yang akan digunakan secara serempak di kabupaten/kota se-Lampung, serta sosialisasi PT Garuda Indonesia tentang portal pengadaan tiket Garuda Indonesia secara elektronik (Garuda Indonesia Government Online System).

Hadir dalam raker itu Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, seluruh sekretaris daerah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, Kepala Cabang PT Taspen Lampung Bagus Rumbogo, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung Adhi Wiriana, dan perwakilan Garuda Indonesia Lampung Yurni Fatma.