Indonesia targetkan ikut Piala Dunia 2045

id berita lampung terkini, antaralampung.com, indonesia targetkan tampil di piala dunia 2045, tim ad hoc sinergi pssi, lampung

Indonesia targetkan ikut Piala Dunia 2045

ilustrasi Suporter Indonesia saat menyaksikan Timnas bertanding (Istimewa)

PSSI membagi perkembangan sepak bola Tanah Air menjadi tiga tahapan, yakni 'survival' 'take off dan winning",.
Jakarta (ANTARA Lampung) - Kapan Indonesia bisa tampil di Piala Dunia?. Ternyata Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia membuat rancangan program pengembangan sepak bola Indonesia dengan menargetkan ikut berkompetisi di Piala Dunia 2045.

Dalam paparan program pengembangan sepak bola Indonesia yang dijabarkan Tim Ad hoc Sinergi PSSI yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu (16/5), organisasi sepak bola Tanah Air itu menargetkan Indonesia bisa mencapai babak semifinal Piala Dunia 2045.

PSSI membagi perkembangan sepak bola Tanah Air menjadi tiga tahapan, yakni 'survival' pada 2015 hingga 2018, tahapan 'take off' pada 2020 hingga 2025, dan tahapan 'winning' di tahun 2030 dan 2045.

Pada tahapan pertama, PSSI menargetkan Indonesia bisa mencapai babak final SEA Games 2015 di Singapura. Sedangkan pada 2018 PSSI berharap timnas bisa mencapai babak semifinal Asian Games 2018 di Indonesia.

Pada masa itu pula PSSI berupaya untuk membangun kepercayaan masyarakat pada pemain dan tim nasional.

Setelah tahapan 'survival' dirasa sukses, PSSI akan melakukan pembinaan pemain usia muda selama dua tahun guna meningkatkan kualitas timnas.

Selanjutnya di tahapan 'take off' PSSI menargetkan Indonesia bisa melaju sampai babak semi final AFC Cup 2020 dan ke babak final AFC pada 2024. Selain itu PSSI juga menargetkan timnas bisa menjadi ikon kebanggaan bangsa di kancah dunia.

Sedangkan di tahap 'winning' PSSI menargetkan Indonesia masuk dalam kualifikasi Piala Dunia 2030, dan bisa melaju sampai babak semi final pada Piala Dunia 2045.

Untuk mencapai 'mimpi-mimpi' tersebut, PSSI juga membuat daftar prioritas pengembangan yang harus dilakukan. Yang dirasa paling penting dan dibutuhkan segera antara lain pembangunan lapangan sepak bola untuk usia dini, pengembangan stadion berstandar FIFA, pemenuhan persyaratan klun ISL, hingga keterbukaan informasi khususnya dalam laporan keuangan.(Ant)