Lukisan Affandi Bernilai Rp9,9 Miliar Hilang

id Lukisan Affandi

Jakarta (ANTARA Lampung) - Penyidik Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) mengantongi identitas yang diduga mencuri lukisan karya Affandi senilai Rp9,9 miliar milik mantan mantan Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri Widjojo Nitisastro.

"Ada beberapa nama yang diduga sebagai pelaku masih dalam pengejaran," kata Kepala Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Fadly Widiyanto, di Jakarta, Senin (4/5).

Fadly menuturkan penyidik kepolisian mencurigai beberapa orang dalam di rumah korban yang diduga mencuri dan menukarkan lukisan asli karya Affandi bertemakan "Self Portrait and His Pipe" itu.

Fadly mengungkapkan kondisi rumah tidak ada kerusakan sebelum anak menantu Widjojo Nitisastro, Emil Sundoro melaporkan kehilangan lukisan ke Polda Metro Jaya pada 7 Mei 2014 silam.

Sementara itu, Kepala Unit I Subdirektorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Imran Gultom menambahkan jumlah pelaku diduga lebih dari satu orang.

Imran juga menyebutkan korban memiliki beberapa orang pembantu rumah tangga, namun dia enggan memastikan pelaku itu diduga pembantu korban atau bukan karena petugas masih memburu pencurinya.

Sebelumnya, menantu Widjojo Nitisastro Emil Sundoro melaporkan dugaan pencurian lukisan karya maestro pelukis Affandi sejak 1973 ke Polda Metro Jaya pada 7 Mei 2014.

Awalnya, Widjojo menyerahkan lukisan itu kepada putrinya, Wijaya Laksmi Kusumaningsih setelah ayahnya meninggal dunia pada 9 Maret 2012.

Laksmi menyimpan lukisan bernilai miliaran rupiah itu di ruangan Joglo kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan.

Namun, Laksmi terkejut saat anaknya, Sawitri membuka internet terdapat informasi lelang lukisan karya Affandi itu di Hongkong pada awal Mei 2014.

Laksmi memanggil ahli lukisan yang juga cucu Affandi, Selarti Venetzia menyatakan lukisan di rumah itu ternyata palsu.