Mentan Panen Raya di Lampung

id antaralampung.com, berita lampung terkini, mentan panen raya di lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya padi di Desa Semuli Raya Kotabumi Kabupaten Lampung Utara, Lampung.

Mentan didampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil, Selasa (21/4), dalam kunjungan kerja sekaligus memberikan bantuan traktor dan menggelar pertemuan dengan jajaran pertanian di daerah setempat.

Beberapa kabupaten yang berjauhan di Lampung, menurut Kepala Penerangan Korem 043/Garuda Hitam Lampung Mayor Inf CH Prabowo, di Bandarlampung, Rabu, dalam kunjungan itu, selain melaksanakan kegiatan panen panen raya, Menteri Pertanian juga memberikan bantuan traktor dan sapi, dengan dihadiri 1.500 petani yang di wilayah Kabupaten Lampung Utara.

Kegiatan panen raya itu juga dihadiri Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, Aster Kasdam II/Sriwijaya, Bupati Lampung Utara, dan Bupati Mesuji, para Dandim, jajaran Korem 043/Gatam, Kapolres Lampung Utara, serta Kepala Dinas Pertanian provinsi dan kabupaten di Lampung.

Pada Selasa, pukul 13.00 WIB, dengan menggunakan heli pula, Mentan Andi Amran Sulaiman, didampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil melanjutkan kunjungan dalam rangka panen raya di Desa Medasari Kecamatan Rawajitu Selatan Kabupaten Tulangbawang.

Di tempat tersebut, Mentan juga memberikan bantuan traktor sebanyak 120 unit.

Mentan juga melaksanakan peresmian Jaringan Irigasi Tersier (JIT) dan mencoba membajak sawah dengan mengunakan alat traktor dan memanen padi secara manual.

Kesempatan ini juga digunakan oleh Mentan untuk berkomunikasi dengan petani anggota kelompok tani Kabupaten Tulangbawang.

Sejumlah permasalahan itu, terutama menyangkut kendala yang dihadapi petani di lapangan, khususnya distribusi pupuk yang kurang, bibit padi yang kurang baik serta kekurangan sarana irigasi atau kondisinya yang tidak layak sehingga dukungan air terutama saat musim kemarau yang tidak lama lagi akan datang dikhawatirkan kebutuhan air kurang mencukupi.

Pelaksanaan panen raya di Kabupaten Tulangbawang juga dihadiri Gubernur Lampung, Kapolda Lampung, Danrem 043/Gatam, Aster Kasdam II/Sriwijaya, Kapendam II/Sriwijaya, dan para unsur pejabat Muspida Kabupaten Tulangbawang, para pejabat TNI-Polri, para kadis provinsi dan kabupaten se-Lampung.

Selasa (21/4) malam Mentan juga menggelar pertemuan dengan jajaran pertanian se-Lampung berkaitan program swasembada pangan di daerah ini.