Polisi amankan puluhan Labi-Labi di Pelabuhan Bakauheni

id berita lampung terkini, antaralampung.com, polisi bakauheni amankan puluhan labi-labi, akp feria kurniawan, kepala kskp bakauheni, lampung

......Karena tidak bisa menunjukkan dokumen pengiriman barang, sehingga kami lakukan penyitaan," kata Feria......
Bakauheni, Lampung (ANTARA Lampung) - Puluhan ekor labi-labi moncong babi (carettochelys insculpta) berhasil diamankan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan di areal pemeriksaan Seaport Interdiction Pelabuhan Bakauheni karena tidak dilengkapi dokumen resmi.

Kepala KSKP Bakauheni AKP Feria Kurniawan di Bakauheni, Kamis, mengatakan labi-labi tersebut diamankan dari dalam kendaraan truk nopol BH 8888 GU asal Jambi saat petugas kepolisian melakukan pemeriksaan rutin di Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 11.30 WIB, Rabu (25/3).

"Benar, petugas kami mengagalkan pengiriman 41 ekor labi-labi karena tidak dilengkapi dokumen resmi," kata dia.

Meskipun jenis satwa tersebut tidak masuk dalam kategori hewan dilindungi, tapi pengiriman satwa tersebut harus dilengkapi dengan dokumen resmi, seperti surat pengepul dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) daerah asal pengiriman.

"Karena tidak bisa menunjukkan dokumen pengiriman barang, sehingga kami lakukan penyitaan," kata Feria.

Ia mengatakan, barang bukti penyitaan tersebut saat ini sudah diserahkan ke kantor Balai Karantina Pertanian Wilayah Kerja Bakauheni.

"Barang sitaannya tadi sudah kami serahkan ke kantor Balai Karantina, sesuai tupoksi saja," katanya.

Menurut Syarianto, sopir truk yang ikut diamankan petugas, labi-labi dikirim oleh Aping, warga Jambi dan rencananya akan diterima oleh Aken di Jakarta.(Ant)