Soetrisno Bachir Pimpin MPP PAN

id MPP PAN

Nusa Dua, Bali (ANTARA Lampung) - Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Soetrisno Bachir terpilih secara aklamasi sebagai ketua Majelis Pertimbangan Pusat PAN dalam Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali, Senin (2/3) malam.

Pengusaha batik dari Pekalongan, Jawa Tengah, itu merupakan calon tunggal dalam sidang pleno pemilihan ketua MPP PAN yang dipimpin Ketua Steering Committee Kongres IV PAN Taufik Kurniawan.

Dengan demikian, Soetrisno Bachir resmi menduduki posisi yang sebelumnya diisi oleh pendiri sekaligus mantan Ketua Umum PAN Amien Rais.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya," kata Soetrisno yang mengaku sebelumnya diminta oleh Ketua Umum PAN periode 2015-2020 Zulkifli Hasan dan Amien Rais agar bersedia menduduki jabatan ketua MPP PAN.

Amien Rais sendiri tidak lagi bersedia menjadi ketua MPP PAN. Namun, ia didaulat menjadi ketua Dewan Kehormatan yang merupakan struktur baru di dalam partai berlambang matahari itu.

Terpilihnya Soetrisno sebagai ketua MPP, bahkan secara aklamasi, sudah diperkirakan sebelumnya. Wakil Sekjen PAN demisioner Yandri Susanto beberapa jam sebelum pemilihan menyatakan sudah menawarkan hal itu kepada "floor".

Apalagi, Hatta Rajasa yang dikalahkan Zulkifli Hasan dalam pemilihan ketua umum PAN, juga pendukungnya, terkesan tidak tertarik mengisi posisi ketua MPP PAN.

Amien Rais sendiri mendukung Soetrisno untuk menggantikan dirinya pada posisi itu.

Menurut dia sejarah berulang. Ketika ia menjadi ketua umum, Hatta Rajasa menjabat sekretaris jenderal. Saat Hatta menjabat sebagai ketua umum, Amien menjabat ketua MPP.

Zulkifli yang saat ini terpilih sebagai ketua umum adalah sekjen PAN pada era Soetrisno Bachir menjadi ketua umum, yakni pada periode 2005-2010.

Soetrisno yang mengaku sempat "menepi" dari PAN selama lima tahun kepemimpinan Hatta, tampil menjadi pendukung Zulkifli dalam kongres kali ini.

Ketika diwawancarai wartawan sebelum kongres dimulai, Soetrisno dengan tegas menyatakan bersedia menjadi ketua MPP jika Zulkifli yang jadi ketua umum PAN.

Sebelumnya Zulkifli terpilih menjadi ketua umum PAN setelah mengungguli Hatta Rajasa dalam pemungutan suara yang dilakukan secara tertutup, Minggu (1/3) malam, dengan selisih hanya enam suara. Zulkifli meraih 292 suara, sementara Hatta meraih 286 suara.